5 Aktivitas yang Bikin Gemuk, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari

Rabu, 09 November 2022 - 20:01 WIB
loading...
5 Aktivitas yang Bikin Gemuk, Nomor 2 Dilakukan Setiap Hari
Ada lima aktivitas yang bikin gemuk. Tanpa disadari, kegiatan ini sering dilakukan setiap hari dan sudah menjadi kebiasaan banyak orang yang sulit dihilangkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima aktivitas yang bikin gemuk . Tanpa disadari, kegiatan ini sering dilakukan setiap hari dan sudah menjadi kebiasaan banyak orang yang sulit dihilangkan.

Beberapa aktivitas ini mungkin terlihat kecil atau bahkan sepele. Namun faktanya bisa berdampak pada kenaikan berat badan yang harus diwaspadai.

Jika dibiarkan, kegemukan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Tak tanggung-tanggung, masalah kesehatan ini mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh, termasuk otak, pembuluh darah, jantung, hati, tulang hingga sendi.

Berikut daftar aktivitas yang bikin gemuk seperti dilansir dari Health Line, Rabu (9/11/2022).



1. Makan Cepat

Di tengah aktivitas yang padat, tidak sedikit orang yang cenderung makan lebih cepat karena harus mengurus dan melakukan berbagai hal lainnya. Padahal, makan dengan cepat bisa membuat gemuk. Studi menunjukan, bahwa orang yang makan dengan cepat kemungkinan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk memberitahu otak bahwa Anda sudah kenyang. Dengan begitu, orang yang makan dengan cepat bisa dengan mudah makan lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuhnya sebelum merasa kenyang. Jadi, cobalah untuk memperlambat makan dengan cara mengunyah lebih banyak dan mengigit lebih kecil.

2. Duduk Terlalu Lama

Meski terlihat tidak berbahaya, penelitian menunjukan bahwa orang yang duduk lebih lama cenderung kelebihan berat badan. Selain itu, mereka pun memiliki risiko penyakit kronis serta kematian dini yang lebih tinggi.

Menurut penelitian terhadap sekitar 600 ribu oang, ditemukan bahwa orang dewasa yang duduk dari 10 jam per hari seperti rata-rata pekerja kantor, memiliki risiko kematian dini 34 persen lebih tinggi.



3. Belanja Tanpa Daftar Belanja


Berbelanja tanpa daftar belanjaan bisa membuat Anda bertambah gemuk. Karena, daftar belanjaan tidak hanya membuat Anda bisa menghemat uang, tapi juga bisa menghentikan melakukan pembelian impulsif yang kerap kali tidak sehat.

Sejumlah penelitian menemukan, bahwa orang yang berbelanja dengan daftar belanjaan cenderung makan lebih sehat, berat badan tidak berlebihan, dan bisa menghemat lebih banyak uang.

4. Minum Kopi Susu Terlalu Banyak

Minuman yang cukup populer itu tidak hanya memberi energi, tapi juga kaya akan antioksidan dan nutrisi bermanfaat. Namun, penelitian menunjukan bahwa lebih dari dua pertiga orang menambahkan krim, gula, susu dan zat tambahan lainnya ke dalam kopi mereka, yang bisa membuat itdak sehat.

Apabila Anda sering minum kopi dengan zat tambahan lainnya, kebiasaan tersebut kemungkinan berkontribusi terhadap penambahan lemak kamu.



5. Terlalu Banyak Nongkrong


Memiliki kehidupan sosial penting untuk menjaga kehidupan kerja yang bahagia. Tapi, menjadi terlalu banyak nongkrong juga bisa membuat gemuk. Karena, saat nongkrong kerap kali melibatkan makanan atau minuman, yang bisa dengan mudah menambah kalori yang tidak diinginkan saat diet.

Kemudian, penelitian juga menunjukan, bahwa orang cenderung makan makanan yang sama dengan orang yang bersamanya. Jadi, jika teman Anda makan dalam porsi besar atau lebih suka makanan tidak sehat, kemungkinan Anda akan mengikutinya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)