Izin Penggunaan Darurat Vaksin Inavac Disetujui, BPOM: Digunakan Sebagai Booster

Senin, 21 November 2022 - 22:55 WIB
loading...
A A A
"Profil keamanan pemberian booster heterolog Vaksin Inavac, serupa dengan profil keamanan pada vaksinasi primer. Tidak ada jenis efek samping baru yang dilaporkan pada pemberian booster Vaksin Inavac, dibandingkan terhadap pemberian dosis primer Vaksin Inavac," tuturnya.

Sementara itu, efek samping yang paling sering dilaporkan adalah nyeri lokal pada tempat suntikan. Kemudian sakit kepala dengan insidens efek samping yang cenderung lebih rendah, yaitu pada pemberian booster Vaksin Inavac dibandingkan dengan vaksin pembanding.

"Kembali BPOM menyampaikan apresiasi kepada Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin COVID-19 dan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization) atas kerja samanya yang memungkinkan vaksin ini segera rilis ke masyarakat. Juga kepada lintas sektor terkait yang telah memberikan dukungan dalam pengembangan vaksin dalam negeri,” terangnya.

Vaksin Inavac merupakan salah satu vaksin COVID-19 yang dikembangkan di dalam negeri, dengan menggunakan platform vaksin inactivated virus. Vaksin ini dikembangkan oleh Peneliti Universitas Airlangga bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)