Kiat Tak Terjerumus Investasi Bodong buat Anak Muda

Selasa, 22 November 2022 - 21:00 WIB
loading...
Kiat Tak Terjerumus Investasi Bodong buat Anak Muda
Anggota Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Christy Jo dalam podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (22/11/2022). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Maraknya investasi bodong yang menjerumuskan banyak orang, bahkan nominal kerugiannya mencapai miliaran rupiah, membuat resah masyarakat. Terlebih sebagian mereka yang mengikutinya adalah anak muda, yang cukup mudah menjadi sasaran empuk para oknum tak bertanggung jawab.

Melihat fenomena ini, Anggota Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Christy Jo mengatakan, langkah awal yang perlu dilakukan anak muda adalah riset terkait investasi yang akan dijalankan.

"Pertama, banyak baca-baca. Kalau dilihat Indonesia bagus untuk edukasi entrepreneurship bisnisnya, sudah semakin meningkat," kata Christy dalam podcast Aksi Nyata Bersama Partai Perindo bertajuk Generasi Muda Harus Cermat Sebelum Berinvestasi, Waspadai Investasi Bodong, Selasa (22/11/2022).

Baca Juga: Ini Pentingnya Pendidikan buat Wanita yang Telah Berumah Tangga

Selanjutnya, kata dia, adalah literasi keuangan. Hal itu karena antara keuangan dan bisnis berbeda. Menurut Christy, apabila tidak dicari tahu lebih dulu, maka akan mudah jadi sasaran para pelaku investasi bodong.

Menurut Christy, ada banyak faktor mengapa anak-anak muda kini cukup tergiur dengan investasi. Sebagian dari mereka hanya melihat keuntungan, tanpa memikirkan risiko dan ilmunya sebelum terjun ke ranah tersebut.

Kemudian, adanya gaya hidup yang dapat mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk anak muda agar terlihat sukses yaitu dengan mengikuti investasi.

"Mungkin bisa masuk faktor juga, gaya hidup. Tapi lebih demamnya menjadi entrepreneur di bidang investasi, karena itu yang lagi booming di mana-mana," ujar Christy.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3037 seconds (10.101#12.26)