4 Cara Penuhi Asupan Gizi di Segala Aktivitas

Kamis, 09 Juli 2020 - 06:47 WIB
loading...
4 Cara Penuhi Asupan Gizi di Segala Aktivitas
Orang yang suka mengeksplorasi kuliner akan menemui banyak pilihan makanan yang kurang sehat. Hal yang bisa dilakukan adalah menjaga porsi makan. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Bisnis kuliner yang sempat terhenti di masa PSBB kini sudah bergerak kembali, tentu dengan mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan COVID-19. Tapi, tahukah Anda bahwa hobi kulineran sebetulnya bisa sedikit dimodifikasi agar kesehatan tetap terjaga?

Selain itu, aktivitas olahraga ataupun bepergian bisa lebih maksimal dengan asupan yang tepat. Dan, jangan salah, otak juga butuh asupan nutrisi agar dapat bekerja lebih baik.

Nutrition Expert YOUVIT Gummy Multivitamin Rachel Olsen membagikan beberapa tips terkait asupan gizi agar lebih optimal beraktivitas. Berikut ulasannya. ( )

1. Seimbangkan Diet dengan Whole Food
Orang yang suka mengeksplorasi kuliner akan menemui banyak pilihan makanan yang kurang sehat di luar. Hal sederhana yang bisa dilakukan menurut Rachel adalah menjaga porsi makan.

Ajak teman supaya bisa berbagi porsi. Yang kedua, dan paling penting adalah, mengonsumsi lebih banyak whole food saat tidak sedang kulineran. Contohnya sayuran dan buah-buahan utuh, protein rendah lemak, serta sumber prebiotik seperti tahu, tempe, dan acar. Makanan tersebut bisa menyeimbangkan kebutuhan vitamin dan mineral harian serta memperlancar penyerapannya di dalam tubuh.

2. Bawa Buah Setiap Bepergian
Bagi pecinta traveling , kemungkinan untuk dehidrasi sebenarnya lebih tinggi. Apalagi kalau tempat yang dikunjungi dalam satu hari beragam, pasti mudah lapar juga.

Salah satu tips praktis supaya terhindar dari risiko itu adalah dengan membawa buah yang tinggi kandungan air seperti jeruk, semangka, belimbing, dan stroberi. Selain bisa menjadi snack, buah-buah itu juga dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang melalui keringat. Jangan lupa juga membawa air mineral.

3. Seimbangkan Konsumsi Karbohidrat Kompleks dan Lean Protein
Aktivitas olahraga membutuhkan energi cukup tinggi. Oleh sebab itu, menurut Rachel, penting untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks sebelum berolahraga. Contohnya nasi merah, kentang, dan ubi.

Makanan tersebut bisa meningkatkan kadar glikogen yang penting untuk meningkatkan energi serta kekuatan otot saat berolahraga. Lean protein (protein rendah lemak) juga bagus untuk pembentukan energi. Ini bisa didapatkan dari tahu, tempe, ayam dada, dan putih telur. ( )

4. Buat Seniman, Perbanyak Makanan untuk Otak
Hobi seni sangat berkaitan dengan mood atau suasana hati. Hal ini tentu saja memiliki kaitan kuat dengan fungsi otak. Rachel memberikan saran untuk memperbanyak makanan yang bisa meningkatkan hormon serotonin (memengaruhi kesenangan). Hormon ini 90% diproduksi di lambung. Makanan yang baik untuk ini adalah mangga, kurma, pisang, dan kismis.

Selain tips di atas, Rachel juga menganjurkan konsumsi multivitamin yang rutin guna mendukung aktivitas yang Anda jalankan. Tentu dengan memperhatikan kandungan gizi yang aman untuk sehari-hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)