3 Alasan Pemain Sepakbola Memakai Topeng Pelindung Wajah

Rabu, 30 November 2022 - 21:58 WIB
loading...
3 Alasan Pemain Sepakbola Memakai Topeng Pelindung Wajah
Pemain sepakbola Son Heung Min menyita perhatian publik lewat penampilannya kala membela Korea Selatan di pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. Pasalnya, Heung Min terlihat memakai topeng pelindung yang menutupi sebagian wajah bagian atasnya. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Pemain sepakbola Son Heung Min menyita perhatian publik lewat penampilannya kala membela Korea Selatan di pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. Pasalnya, Heung Min terlihat memakai topeng pelindung yang menutupi sebagian wajah bagian atasnya.

Topeng pelindung tersebut dibuat dari serat karbon, sangat ringan, ringkas, dibuat khusus, dan dicetak agar sesuai dengan wajah pemain.

Sebenarnya, apa alasan di balik pemakaian topeng tersebut? Jelas bukan untuk menunjang penampilan agar tetap terlihat fashionable. Ternyata, ada kegunaan yang cukup vital di balik topeng itu.

Berikut tiga alasan para pemain sepakbola mengenakan topeng pelindung wajah.

1. Melindungi Pemain yang Alami Cedera Wajah

Melansir laman Bolavip Uruguay, kegunaan topeng pelindung wajah yang utama adalah untuk melindungi pemain yang mengalami cedera wajah tetapi ingin kembali ke lapangan. Cedera bisa terjadi di mana saja di wajah, termasuk dagu, hidung, telinga, alis, atau tengkorak. Semua area tersebut merupakan tempat potensial cedera wajah bagi seorang pemain sepakbola atau olahragawan lain.

2. Menstabilkan Area Wajah yang Rentan Terluka

Selain melindungi area wajah, topeng juga berfungsi untuk menstabilkan area wajah yang rentan atau terluka, seperti laserasi. Melindungi laserasi, seperti pada dagu atau bibir, atau patah tulang seperti pada hidung atau tulang pipi, agar tidak menjadi lebih buruk.

3. Pemulihan Cedera Wajah

Setelah mengalami cedera wajah saat bermain, beberapa pemain memilih menggunakan topeng karena bisa dijadikan alat untuk pemulihan. Saat menangani patah tulang wajah, masker biasanya diperlukan. Tulang itu pada akhirnya akan sembuh, dan pemain akan dapat kembali melakukan aksi di lapangan setelah menerima perawatan sekaligus terlindungi dari kerusakan lebih lanjut berkat topeng yang dikenakannya itu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)