5 Gejala Flu Unta yang Diduga Dialami Pemain Prancis di Piala Dunia 2022

Minggu, 18 Desember 2022 - 11:16 WIB
loading...
5 Gejala Flu Unta yang Diduga Dialami Pemain Prancis di Piala Dunia 2022
Beberapa pemain timnas Perancis diduga terserang gejala flu unta jelang laga final Piala Dunia 2022. Foto/Ilustrasi/Daily Mail
A A A
JAKARTA - Beberapa pemain timnas Prancis diduga terserang flu unta jelang laga final Piala Dunia 2022. Mulanya berjumlah tiga orang, kini kabarnya dua pemain penting Prancis, Raphael Varane dan Ibrahima Konaté juga ikut terpapar.

AC yang terus-menerus dinyalakan serta perubahan suhu di lingkungan Qatar, diduga menjadi penyebab penyebaran flu unta lebih mudah terjadi.

Penyakit yang disebut juga Middle East Respiratory Syndrome (MERS) itu memang pernah mewabah hingga menyebabkan banyak orang kehilangan nyawa. Flu unta, seperti namanya, menginfeksi unta, yang menularkannya ke manusia.

Kasus dari penyakit ini pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada 2012 dan menyebar ke negara lainnya, termasuk juga Qatar. Kebanyakan orang yang terinfeksi oleh virus ini mengidap masalah pernapasan yang parah.



Lalu, seperti apa gejala orang yang mengalami flu unta? Berikut 5 gejalanya, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Demam

MERS-CoV diperkirakan berinkubasi (rentang waktu dari infeksi awal hingga timbul gejala) selama 2-14 hari di tubuh dan biasanya akan mengalami gejala awal berupa demam yang juga menandakan sistem kekebalan tubuh tengah berjuang melawan infeksi MERS-CoV.

2. Batuk

Batuk disebabkan MERS-CoV menyerang sel-sel di sekitar saluran pernapasan. Penularan flu unta salah satunya bisa melalui cairan batuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)