8 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi di Usia Muda, Mudah Tanpa Obat

Jum'at, 16 Desember 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Lakukan yang terbaik untuk mengatasi stres melalui meditasi, yoga, jurnal, terapi, dan teknik manajemen lainnya. Ini bisa sangat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kadar kolesterol tinggi dalam darah.

6. Makan Banyak Serat

Serat menurunkan kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh. Untuk meningkatkan asupan serat, makan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, sayuran dan buah-buahan. Anda harus mendapatkan campuran yang baik dari kedua serat larut, yang lebih bermanfaat untuk kolesterol, dan serat tidak larut, yang baik untuk kesehatan usus.

Mendapatkan cukup serat juga mengurangi risiko penyakit, mencegah sembelit dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Minum Teh

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa minum teh hijau bisa mengurangi kolesterol jahat rata-rata 5,30 mg/dL, meskipun jumlah teh hijau yang diminum sangat bervariasi dari satu penelitian ke penelitian lainnya.

Antioksidan yang disebut katekin dalam teh hijau dapat menurunkan kolesterol. Satu cangkir memiliki antara 50 dan 100 mg katekin.

8. Hindari Makanan yang Digoreng

Abaikan teknik memasak yang berat, jadi tidak ada makanan yang digoreng, dilapisi tepung roti, atau diberi saus berat. Sebagai gantinya, pilihlah hidangan sederhana yang tidak memerlukan penambahan lemak.

Panggang, kukus, dan bakar bisa sebagai pilihan menarik. Pastikan hidangan Anda tidak dipanggang dengan lapisan keju atau lemak lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)