Tips Jaga Kesehatan dan Kebugaran usai Begadang Nonton Piala Dunia 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
5. Hindari Konsumsi Gula Berlebih Ketika tidur, tubuh memproduksi hormon leptin dan ghrelin, yang mana kedua hormon tersebut berfungsi mengendalikan lapar dan kenyang dalam tubuh. Namun ketika kurang tidur, hormon jadi tidak seimbang termasuk dan ini membuat Anda kelebihan hormon ghrelin, sehingga Anda jadi mudah lapar.

"Karena itu, ketika begadang, ada kecenderungan untuk ingin makan terus," terang dr. Abi. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, seperti permen, makanan cepat saji, soda, dan minuman kemasan lainnya.

Dari pada makan sesuatu yang manis, lebih baik siapkan camilan sehat sebelum menonton pertandingan seperti buah, low fat yogurt, salad, kacang-kacangan, edamame rebus, atau smoothies sehat tanpa tambahan gula atau perasa. "Tentunya semua tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya," kata dia.

Dari itu semua, dr. Abi mengingatkan agar segera tidur begitu pertandingan bola berakhir. Jika keesokan harinya libur, bisa mematikan alarm hingga terbangun secara alami atau setidaknya luangkan waktu untuk tidur siang. Hal ini bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala. "

Biarpun begitu, sangat tidak disarankan begadang setiap hari, karena dapat mengganggu ritme sirkadian (siklus tidur-bangun alami tubuh), yang nantinya akan dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku sepanjang hari," paparnya.

"Jika terdapat gangguan tidur yang membuat kualitas atau jam tidur berkurang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut," pungkasnya.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)