Kemenkes Keluarkan SE Waspada usai 7 Anak di Tasikmalaya Keracunan Chiki Ngebul

Jum'at, 06 Januari 2023 - 12:53 WIB
loading...
Kemenkes Keluarkan SE Waspada usai 7 Anak di Tasikmalaya Keracunan Chiki Ngebul
Kemenkes mengeluarkan SE yang berisi imbauan pada seluruh Dinkes baik di provinsi, kabupaten/kota untuk melaporkan kasus keracunan chiki ngebul nitrogen cair. Foto/Instagram @gie_gito
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran (SE) yang berisi imbauan pada seluruh Dinas Kesehatan (Dinkes) baik di provinsi, kabupaten/kota hingga rumah sakit untuk melaporkan kasus keracunan chiki ngebul nitrogen cair.

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran Kemenkes nomor SR.01.07/III.5/154/2023 perihal 'Pelaporan Peningkatan Kasus dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada Makanan.'

Berikut bunyi SE pelaporan kasus keracunan chiki ngebul nitrogen cair diteken Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Republik Indonesia, Yuli Astuti Saripawan, tertanggal 5 Januari 2023.

“Sehubungan dengan surat dari Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan nomor SR.01.07/III.5/67/2023 tanggal 4 Januari 2023 tentang Pelaporan Kasus Kedaruratan Medis dalam Penggunaan Nitrogen Cair pada Makanan, maka kami sampaikan bahwasanya tidak terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), hanya terjadi peningkatan kasus dalam penggunaan nitrogen cair yang bersifat lokal," tulis SE tersebut.



"Namun demikian jika terjadi kejadian serupa di tempat lain, tetap perlu melaporkan dan memantau serta berkoordinasi penanganannya di lapangan. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama Saudara, diucapkan terima kasih,” lanjutnya berdasarkan keterangan yang diterima SINDOnews, Jumat (6/1/2023).

Dikeluarkannya SE ini menyusul dengan kasus tujuh murid SDN 2 Ciawang, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat mengalami keracunan akibat mengonsumsi chiki ngebul pada November 2022.

Mereka rata-rata mengalami sejumlah gejala seperti mual hingga muntah-muntah. Sebagai tindak lanjut, ketujuh siswa yang keracunan tersebut lantas langsung dilarikan ke Puskesmas Leuwisari dan RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapatkan penanganan medis.

Fenomena jajanan chiki ngebul sendiri sudah populer sejak dulu. Bahkan, dulu dikenal juga dengan nama napas naga karena uap dari nitrogen cair yang dihasilkan.



Jajanan satu ini merupakan makanan ringan yang berasal dari tepung beras atau jagung yang memiliki bentuk bulat, kering, dan bertekstur renyah. Para penjual akan menyajikan jajanan satu ini dengan menuangkan nitrogen cair ke wadah berisi snack ringan tersebut.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5006 seconds (0.1#10.140)