6 Cara Menyantap Mie Soba Dingin ala Jepang, Nomor 4 Cocok Dinikmati Musim Panas

Rabu, 18 Januari 2023 - 12:09 WIB
loading...
6 Cara Menyantap Mie Soba Dingin ala Jepang, Nomor 4 Cocok Dinikmati Musim Panas
Cara menyantap Mie Soba dingin ala Jepang. Foto/Matcha
A A A
JAKARTA - Bagi Anda pencinta makanan Jepang tentu sudah tidak asing lagi dengan mie Soba. Mie ini sangat populer dan banyak ditemui di segala penjuru restoran yang ada di Jepang, terutama di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, dan kota-kota lainnya.

Nah, jika di Indonesia pada umumnya mie disajikan dan dinikmati pada saat masih hangat, namun berbeda dengan mie Soba yang justru disajikan dengan kuahnya, tsuyu yang dingin.

Bukan tanpa alasan, menurut Soba Master Kashikura hal ini dikarenakan di Jepang hasil panen buckwheat atau tepung soba baru bisa diambil saat musim gugur yaitu dalam rentan bulan September hingga November.

Namun, faktanya, masih banyak loh yang masih bingung bagaimana sih cara menyantap mie Soba dingin ala Jepang ini? Berikut ulasannya, dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (18/1/2023).



Sebelum mengetahui cara menyantap mie satu ini, Anda perlu mengetahui dulu sebenarnya apa mie Soba itu. Soba merupakan jenis mie khas Jepang yang dibuat dengan menggunakan tepung soba.

Penggunaan bahan dasarnya sudah ada sejak zaman Jomon (14.000 - 300 SM), pada awalnya dimakan dalam bentuk pangsit atau kerupuk. Mie soba dikembangkan pada awal abad ke-17, selama periode Edo, kemungkinan di sekitar wilayah prefektur Nagano.

Sebenarnya, mie Soba dapat disajikan panas ataupun dingin. Selain itu, terdapat banyak hidangan daerah yang menggunakannya, serta hidangan nasional populer yang menyajikan makanan yang nyaman, terjangkau dan ringan.

Bahkan, ada yang mekreasikan mie Soba dengan menambahkan tepung terigu untuk mengurangi sifat rapuh mie, seperti pada varietas tradisional Nagano Soba.

Berikut cara menyantap mie Soba dingin ala Jepang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)