Pil Kontrasepsi Bisa Bikin Gemuk Wanita, Fakta atau Mitos?

Selasa, 24 Mei 2016 - 21:30 WIB
Pil Kontrasepsi Bisa Bikin Gemuk Wanita, Fakta atau Mitos?
Pil Kontrasepsi Bisa Bikin Gemuk Wanita, Fakta atau Mitos?
A A A
JAKARTA - Banyak jenis pilihan kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan wanita. Salah satunya, metode kontrasepsi modern, yaitu sterilisasi, alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), kondom dan kontrasepsi hormonal, seperti pil.

Sayangnya, pil kontrasepsi masih kurang diminati banyak wanita. Rendahnya penggunaan pil hormonal sebagai kontrasepsi pun dipicu berbagai hal. Salah satunya, sebagian wanita percaya, bahwa pil kontrasepsi bisa memicu kegemukan.

Namun, hal tersebut hanyalah mitos. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, dr. Boy Abidin, SpOG (K) menjelaskan, pil kontrasepsi tidak memberikan efek negatif.

"Banyak perempuan takut menggunakan pil kontrasepsi hormonal karena takut gemuk. Padahal hal tersebut tidak benar," papar dr Boy saat ditemui Sindonews di Hotel DoubleTree, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Lanjut dr Boy mengatakan, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa penambahan berat badan merupakan mitos yang sering muncul terkait dengan kepatuhan konsumsi pil kontrasepsi. Meski demikian, hal ini tidak disebabkan oleh pemakaian pil kontrasepsi.

"Tidak ada peningkatan berat badan yang signifikan pada konsumsi kontrasepsi. Peningkatan berat badan itu berkaitan dengan diet dan aktivitas fisik. Sebagian besar wanita mengalami peningkatan berat badan ketika mereka bertambah usia. Kalau suntik, berat badan baru akan nambah," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4065 seconds (0.1#10.140)