Drop Out Kuliah, Kanye West Raih Gelar Doktor

Selasa, 12 Mei 2015 - 16:45 WIB
Drop Out Kuliah, Kanye West Raih Gelar Doktor
Drop Out Kuliah, Kanye West Raih Gelar Doktor
A A A
CHICAGO - Kanye West memilih berhenti kuliah ketika berusia 20 tahun. Dia kemudian membuat album pertama yang diberi judul The College Dropout. Tapi, pada akhirnya, pria berusia 37 tahun itu bisa lulus.

“Kelulusan” Kanye ini bukan tanpa sebab. School of the Art Institute of Chicago memberinya gelar kehormatan. Jadi, Kanye bukan sekadar lulusan sarjana S1, tapi sarjana lulusan S3 yang bergelar doktor. Artinya, secara teknis, dia sekarang bertitel Dr West.

Dalam sebuah upacara penyerahan gelar kehormatan itu, Kanye mendapatkan pengakuan atas karyanya yang transformative dan melawan genre. Mengenakan toga, ayah satu anak ini memberikan pidato singkat kepada rekan-rekan wisudanya setelah dia menerima sertifikat kehormatan itu.

Rapper itu mengungkapkan, dia berharap label doktor yang dia sandang itu akan membantunya melegitimasi dirinya sebagai seorang artis yagn serius. “Kalian tidak perlu membela saya. Dan, saya akan membuat hidup kalian lebih mudah. Apakah itu tanda Paul McCartney menggandeng saya dan bilang, ‘Tak apa, dia tidak menggigit orang berkulit putih’, atau jadi sampul New York Times. Atau jadi cover Orang Paling Berpengaruh majalah Time. Dan sekarang, mendapat gelar doktor di Art Institute of Chicago,” papar Kanye, yang dikutip Contactmusic.

Dia juga memaparkan, orang seharusnya tidak perlu merasa harus meminta maaf atas opini mereka. “Maafkan saya itu sesuatu yang banyak kalian gunakan. Itu memberi kalian peluang untuk mengungkapkan opini kalian, meminta maaf atas itu dan beropini lagi. Saya seorang seniman pop. Jadi media saya adalah opini publik dan dunia adalah kanvas saya,” ujar Kanye yang dikutip BBC.

Tapi, pria yang biasanya terlihat selalu percaya diri itu mengakui dia gugup saat tampil di podium dan memberikan pidatonya. “Saya tidak sering merasakan itu, kegugupan ketika diberi penghargaan. Dan yang saya pikirkan selama saya duduk di sini adalah saya harus menghilangkan perasaan itu,” papar suami Kim Kardashian itu.

Kampus itu memutuskan memberikan gelar kehormatan kepada Kanye setelah seorang staf mereka membaca bahwa rapper itu selalu ingin kuliah di tempat itu. “Ketika saya memberikan kuliah di Oxford, saya menyebut sekolah ini karena ketika saya sedang misi untuk menciptakan ruang, busana, film, penampilan, akan lebih mudah jika saya bilang saya punya gelar sarjana di Art Institute of Chicago,” papar Kanye.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4397 seconds (0.1#10.140)