Ragam Kemasan Skincare

Senin, 07 September 2015 - 09:07 WIB
Ragam Kemasan Skincare
Ragam Kemasan Skincare
A A A
SKINCARE atau produk perawatan kulit memiliki banyak kandungan yang dikemas dalam beragam kemasan.

Kemasan-kemasan tersebut secara langsung mengindikasikan formula sekaligus manfaat yang diberikan untuk kulit. Salah satu kemasan perawatan kulit yang paling populer adalah yang dikemas dalam Tubs (Bak kecil).

Biasanya yang dikemas dalam Tubs adalah perawatan kulit yang berupa krim, salep, dan pelembab tubuh. Menurut cosmeticchemistNi'Kita Wilson, wanita yang menggunakan produk perawatan kulit yang dikemas dalam Tubs harus lebih cermat. Misalnya saja setelah menggunakan harus ditutup rapat-rapat karena kalau tidak, udara bahkan sinar matahari akan masuk ke dalam kemasan dan membuat bahan perawatan kulit dalam kemasan teroksidasi atau bahkan berjamur.

“Salah satu zat yang paling sering digunakan dalam perawatan kulit adalah Vitamin C. Kalau krim dalam kemasan Tubs tidak tertutup rapat maka kandungan vitamin C dalam krim justru akan teroksidasi dan kehilangan manfaatnya, “ ujar Wilson seperti yang dilansir dari Allure.com Sama halnya dengan kemasan perawatan kulit berbentuk Tubs, yang berbentuk toples kecil atau Small Pots juga rentan terhadap proses oksidasi apabila tidak ditutup rapat setelah penggunaan.

" Perawatan kulit yang dikemas dalam Small Pots biasanya dimaksudkan untuk produk dengan daerah penggunaan kecil di mana hanya ujung jari diperlukan untuk aplikasi. Misalnya saja produk krim mata, " jelas Wilson. Menurut Wilson, perawatan kulit dalam kemasan Small Pots cenderung tidak kedap udara karena itulah kemungkinan saja bakteri bisa berkembang biak. “Saat seseorang mengambil krim dari kemasan Small Pots secara berulang-ulang dengan jari tangan maka kemungkinan bakteri luar yang dimasukkkan ke dalam krim akan lebih mungkin terjadi.

Karena itulah biasakan menggunakan sendok kecil untuk mengambil krim di dalam Small Pots,” jelas Wilson. Berbeda halnya dengan kemasan perawatan kulit yang berbentuk Tubs dan Small Pots yang mudah teroksidasi karena tidak kedap udara, Pumps atau pompa biasanya kedap udara.

Menurut Joshua Zeichner, Director of Cosmetic and Clinical Research di Mount Sinai Hospital in New York City, kemasan perawatan kulit berbentuk Pumps juga bisanya cenderung lebih higienis karena tidak terkontaminasi oleh jari-jari tangan yang mengandung bakteri ataupun cahaya matahari yang bisa mengoksidasi kandungan perawatan kulit .

Pumps biasanya dikembangkan menjadi Pumps kedap udara sehingga udara ataupun zat-zat luar yang bisa merusak kandungan perawatan kulit bisa dicegah. “Bahan-bahan perawatan kulit seperti peptida, antioksidan, dan retinol bisanya dikemas dalam Pumps kedap udara karena bahan-bahan tersebut sangat mudah terkontaminasi dengan zat luar,” ujar Zeichner.

Perawatan kulit biasanya juga dikemas dalam botol plastik. Perawatan kulit tersebut biasanya tonerdan cleanser. “ Perawatan kulit seperti toneratau cleanserbiasanya tidak memiliki konsentrasi yang tinggi sehingga cukup dikemas dalam botol plastik,” ujar Wilson. Baru-baru ini, perawatan kulit dikemas dalam Medicine Droppers.

Kemasan ini biasanya digunakan untuk jenis perawatan kulit yang memiliki konsentrasi zat yang tinggi seperti serum, esssens, dan face oil. “Kemasan Medicine Droppers saat ini lebih populer karena seperti mendapatkan perawatan professional,” ujar Wilson.

Dwi Nur Ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)