Awas, Terlalu Sering Menahan 'BAB' bisa Menimbulkan Kematian!

Selasa, 24 November 2015 - 05:25 WIB
Awas, Terlalu Sering Menahan BAB bisa Menimbulkan Kematian!
Awas, Terlalu Sering Menahan 'BAB' bisa Menimbulkan Kematian!
A A A
BOSTON - Ketakutan atau mungkin rasa malu dan tidak nyaman, bisa menyelimuti diri ketika Anda harus BAB (buang air besar) di toilet umum atau bisa jadi lebih buruk lagi - di tempat kerja.

Tapi menahannya justru benar-benar dapat berpotensi membunuh Anda.

Kyle Staller, seorang gastroenterologist di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serikat, seperti dilansir dari situs metro.co.uk.

Mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki kebiasaan terus menerus alias sering menahan BAB mereka karena alasan pekerjaan mereka yang tidak bisa ditinggalkan - seperti guru, perawat dan sebagainya.

Akan lebih cenderung menjadi sembelit alias sulit buang air besar atau bahkan mengembangkan disfungsi pada otot dalam usus besar yang digunakan untuk melewati pembuangan kotoran dari sisa metabolisme tubuh Anda.

Mengambil satu atau dua tablet obat pencahar, seharusnya tidak pernah menjadi solusi jangka panjang.

Karena kalau sampai dosisnya berlebihan, malah justru dapat mengelabui tubuh Anda menjadi lupa bagaimana rasanya mulas untuk BAB sama sekali.

So, mengabaikannya (segera menuju toilet untuk BAB setelah terasa mulas ingin BAB) merupakan sebuah pilihan yang salah.

Malahan jika hal ini sering Anda lakukan, bakal menyebabkan feses mengeras dan sejumlah masalah lainnya akan bermunculan, seperti kotoran yang terus menumpuk di dalam usus satu sama lain seperti permainan buruk Tetris menuju game over.

Hingga nanti akhirnya problem sembelit ini dapat menyebabkan dampak yang menyebabkan masalah sirkulasi pembuangan kotoran lainnya, masalah jantung dan kram.

Jika benar-benar parah, dapat menyebabkan operasi untuk menyembuhkannya dan kalau tidak diobati, akan fatal serta akhirnya membunuh Anda.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8241 seconds (0.1#10.140)
pixels