4 Manfaat Hebat Alpukat buat Kesehatan Anda

Selasa, 15 Desember 2015 - 00:25 WIB
4 Manfaat Hebat Alpukat buat Kesehatan Anda
4 Manfaat Hebat Alpukat buat Kesehatan Anda
A A A
JAKARTA - Buah alpukat tentu diminati oleh setiap orang. Bagi mayoritas orang menikmati alpukat dengan lelehan susu kental manis ataupun gula.

Namun tahukah Anda bahwa Alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dengan memakannya tanpa pemanis seperti susu dan gula tadi?

Dilansir dari Awesometips, yuk intip manfaat yang dapat diberikan alpukat untuk tubuh kita!

1. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyakit paling membahayakan dan telah ‘membunuh’ begitu banyak manusia di dunia. Sementara itu, alpukat telah terbukti memiliki kebaikan untuk sistem kardiovaskular kita karena alpukat mengandung lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh yang tinggi.

Kemudian, selain kandungan lemak bergizi nya tersebut, alpukat juga mengandung campuran nutrisi yang ampuh (misalnya, kalium dan lutein), dan memiliki banyak antioksidan seperti karotenoid, callexanthophylls, dan fenol. Senyawa ini dapat membantu mencegah peradangan dan stres oksidatif dalam pembuluh darah dan dapat memperbaiki aliran darah.

2. Dapat mempertahankan berat badan

Mengonsumsi lemak untuk menghilangkan lemak? Mengonsumsi alpukat ternyata dapat membantu penurunan berat badan dan bahkan mempertahankannya.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa alpukat termasuk dalam makanan yang mampu membantu memperpanjang rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan. Hal ini karena alpukat dibantu oleh kandungan serat yang tinggi, sekitar 14g per buah rata-rata.

Selain itu, konsumsi alpukat yang tinggi telah dikaitkan dengan lingkar pinggang yang lebih kecil. Namun ini tidak berlaku ketika Anda mengonsumsi alpukat dengan gula dan susu yang berlebihan, lho.

3. Dapat mengurangi risiko kanker

Alpukat menyediakan berbagai phytochemical yang dapat membantu mencegah kanker, termasuk xanthophylls dan fenol. Sebuah penelitian juga menunjukkan hasil yang menjanjikan, bahwa peran alpukat ternyata cukup potensial dalam mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat.

Selain itu, alpukat jenis tertentu juga mampu memberi efek anti-kanker pada sel-sel leukemia myeloid akut. Hingga kini penelitian masih terus dalam pengembangan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

4. Dapat melindungi kulit dan mata hingga usia tua

Ternyata alpukat memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh kita. Dua senyawa yang terkandung di dalam alpukat, yakni lutein dan zeaxanthin terbukti dapat memperlambat penurunan fungsi mata yang berkaitan dengan pertambahan usia. Selain itu, dua senyawa tersebut juga bertindak sebagai buffer terhadap kerusakan oksidatif UV, menjaga kulit kita halus dan sehat.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5260 seconds (0.1#10.140)