Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Kamis, 09 Juni 2016 - 06:15 WIB
Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa
Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Perubahan pola makan saat berpuasa tidak hanya menimbulkan rasa haus dan lapar. Ada kondisi lain yang juga turut berubah pada rongga mulut. Perubahan pola makan ini menyebabkan perubahan produksi air liur (saliva) yang berfungsi membunuh bakteri dalam mulut.

Akibatnya, mulut yang kering akibat kekurangan air liur ini berpotensi menyebabkan bau mulut. In pun menjadi masalah yang kerap muncul saat berpuasa dan memicu rasa tak nyaman dan percaya diri. Lalu bagaimana untuk mencegah bau mulut saat puasa? Berikut ulasannya yang dilansir dari Netdoctor.

1. Sikat gigi dengan tepat
Pastikan Anda menyikat gigi dengan tepat. Sikat gigi Anda usai makan sahur, tengah hari. Agar aroma napas tetap segar, Anda juga bisa berkumur dengan mouthwaah.

2. Hindari makanan dan minuman dengan bau tajam
Hindari makanan dan minuman dengan bau yang tajam. Seperi durian dan bawang putih. Pasalnya, bau yang tajam pada makanan dan minuman bisa memicu bau napas tak sedap.

3. Rutin lakukan perawatan gigi
Rutin melakukan perawatan gigi setiap enam bulan sekali akan mencegah mulut dari bau tak sedap. Anda pun bisa melakukan perawatan gigi mulai dari membersihkan karang gigi, menambal gigi yang berlubang agar kuman tidak bersarang.

3. Banyak minum air putih
Banyak minum air putih akan mencegah bau mulut. Idelanya, konsumsi air putih 4 gelas saat buka puasa dan setelah sahur secara rutin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5247 seconds (0.1#10.140)