Tips Agar Tidur Berkualitas Selama Puasa

Minggu, 12 Juni 2016 - 04:25 WIB
Tips Agar Tidur Berkualitas Selama Puasa
Tips Agar Tidur Berkualitas Selama Puasa
A A A
JAKARTA - Idealnya, setiap orang tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Namun, banyaknya pekerjaan kerap membuat seseorang tidak memiliki tidur yang cukup dan berkualitas hingga insomnia.

Padahal, tidur yang berkualitas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, hingga mencegah terserang dari berbagai macam penyakit. Penulis Shawn Stevenson menjelaskan, bahwa tidur yang cukup sama pentingnya dengan berolahraga dan pola makan sehat.

Lalu bagaimana cara agar mendapatkan tidur yang berkualitas selama puasa? Berikut ulasannya yang dilansir dari Today.

1. Tidur tepat waktu
"Tidur tepat waktu sama seperti investasi tepat waktu. Tak peduli seberapa banyak Anda berinvestasi, yang terpenting adalah kapan (Anda melakukannya)," papar Shawn.

Pada pukul 22.00 hingga 02.00, tubuh mulai mengeluarkan hormon pertumbuhan yang penting untuk tulang, meningkatkan sistem imun, menguatkan tulang.

2. Sinar matahari pagi
Mendapat paparan sinar matahari alami membuat tubuh tetap terjaga. Hal ini pun dipercaya bermanfaat, sama seperti kondisi gelap saat tidur memicu produksi melatonin.

"Paparan cahaya matahari alami di awal hari diterjemahkan sama seperti berkurangnya kadar kortisol di malam hari," ungkap Shawn.

Mendapatkan cukup cahaya di pagi hari membuat kortisol meningkat dan berkurang seiring hari. Selain tiu, paparan cahaya matahari juga baik untuk meningkatkan produksi serotonin yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Tidak membawa pekerjaan ke rumah
Membawa pekerjaan ke rumah, bisa memicu masalah atau otak tidak bisa mengakses kondisi rileks untuk tidur. Untuk mengatasinya, Shawn pun menyarankan untuk berlatih yoga atau meditasi. Dengan begitu, Anda pun bisa memiliki tidur yang berkualitas.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5474 seconds (0.1#10.140)