Berbuka Puasa dengan Puding Pisang Panggang

Rabu, 15 Juni 2016 - 06:15 WIB
Berbuka Puasa dengan Puding Pisang Panggang
Berbuka Puasa dengan Puding Pisang Panggang
A A A
JAKARTA - Bosan dengan sajian pisang yang itu-itu saja seperti pisang goreng, kue pisang, atau kolak pisang? Menyiapkan menu berbuka puasa atau takjil yang variatif dengan bahan dasar pisang ternyata cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama dalam membuatnya.

Kali ini, resep Puding Pisang Panggang yang dikutip dari MyRecipes memberikan pilihan sajian pisang yang berbeda dan tentu lezat disantap terutama saat momen berbuka puasa bersama keluarga. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
5 bh pisang matang
480 ml susu rendah lemak
120 gram gula
2 sdm tepung maizena
1/4 sdt garam
2 butir telur besar
1 sdm mentega
2 sdt ekstrak vanili
Whipped cream bebas lemak
45 bh wafer vanili

Cara membuat:

Panaskan oven sampai 180°C. Siapkan loyang dan lapisi dengan kertas roti. Susun pisang di dalam loyang, kemudian panggang selama 20 menit.

Ambil 3 buah pisang, dinginkan sebentar di suhu ruangan, kemudian potong-potong dengan ketebalan ½ inch. Panggang kembali sisa pisang selama 20 menit. Setelah itu, letakkan 2 bh pisang tersebut ke dalam mangkuk kecil, haluskan dengan menggunakan garpu.

Siapkan panic, tuangkan susu dan 60 gram gula kedalamnya kemudian panaskan diatas api sedang, jangan sampai terlalu mendidih.

Dalam mangkuk, campurkan sisa gula, tepung maizena, garam, dan telur kemudian aduk rata dengan kocokan. Setelah itu, tambahkan campuran susu panas ke dalam mangkuk sedikit demi sedikit dan sambil diaduk perlahan.

Tuangkan kembali campuran susu ke dalam panic, kemudian masak di atas api sedang sampai mengental dan berbuih (sekitar 3 menit), aduk terus kemudian matikan apinya. Tambahkan pisang yang telah dihaluskan, mentega, dan vanili, aduk sampai mentega mencair.

Tempatkan panci diatas mangkuk besar berisi es batu selama 15 menit atau sampai campuranpuding dingin dalam suhu kamar sambil diaduk sesekali. Tuangkan setengah dari whipped cream ke dalam pudding, aduk kembali.

Tuangkan sedikit puding secara merata ke dalam loyang 11 x 7 inch, tambahkan 20 bh wafer vanili dan setengah dari irisan pisang. Tuangkan kembali pudding, tambahkan 20 buah wafer, dan sisa irisan pisang. Setelah itu, tutup kembali dengan pudding, dan sisa whipped cream, ratakan. Handurkan sisa 5 bh wafer dan taburi diatas puding, kemudian dinginkan di dalam lemari es selama 1 jam. Sajikan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8857 seconds (0.1#10.140)