Awas! Konsumsi Biskuit Picu Kanker

Rabu, 03 Agustus 2016 - 12:08 WIB
Awas! Konsumsi Biskuit Picu Kanker
Awas! Konsumsi Biskuit Picu Kanker
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman yang dikonsumsi pasti akan memberikan pengaruh pada tubuh. Seperti biskuit yang diserap jadi camilan dilaporkan bisa meningkatkan risiko kanker.

Ahli gizi Dr Claire Robertson dan Biokimia Dr Miriam Dwek menjelaskan, lemak yang tersembunyi untuk menghindari asam lemak trans (lemak terhidrogenasi) pada biskuit bisa meningkatkan kolesterol total dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

"Risiko kanker banyak dipengaruhi oleh diet (terutama apakah Anda makan cukup buah dan sayuran), berat badan, apakah Anda berolahraga, merokok atau minum alkohol," papar Claire.

Dilansir dari Dailymail, sebuah penelitian pada tahun 2007 menyatakan, bahwa wanita dengan kadar lemak trans tinggi pada tubuh berisiko tiga kali terserang penyakit jantung. Selain itu, penelitian lainnya juga menyebutkan, lemak trans memicu berbagai jenis kanker.

Seperti kanker payudara dan disertai dengan penyakit mematikan lainnya, yakni stroke, batu empedu dan diabetes tipe-2. Parahnya, lemak trans juga bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan mutu ASI yang rendah pada ibu yang sedang menyusui.

Untuk mencegah kanker, Claire pun menyarankan untuk menjalankan diet sederhana. Caranya dengan mengonsumsi lima porsi atau 400 gram sayuran dan buah per hari. Cara ini pun dipercaya bisa menyehatkan tubuh.

"Sayuran dan buah memiliki kandungan tinggi antioksidan yang mencegah proses oksidasi (di mana molekul oksigen bergabung dengan bahan kimia lain untuk membuat kerusakan gen dalam sel) sehingga menurunkan risiko kanker," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5156 seconds (0.1#10.140)