4 Cara Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran

Rabu, 21 Juni 2017 - 11:20 WIB
4 Cara Cegah Kolesterol...
4 Cara Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri identik dengan beragam hidangan lezat. Mulai dari opor ayam, semur, rendang hingga kue ringan seperti nastar, kastangel dan putri salju. Meski menggugah selera, sayangnya makanan tersebut bisa menyebabkan kolesterol naik.

Oleh karena itu, agar tetap sehat saat Lebaran, dokter RSPAD Gatot Subroto, Yenny Ch menyarankan untuk membatasi makanan bersantan dan manis. Berikut tips menjaga agar kadar kolesterol tidak naik saat Lebaran.

1. Hindari makan daging tinggi berlemak
Meski menggugah selera, namun konsumsi daging, khususnya daging tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol. Karena itu, hindari konsumsi daging tinggi lemak.

2. Batasi konsumsi makanan bersantan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan bisa menyebabkan kolesterol naik. Sebaiknya batasi konsumsi makanan bersantan yang kaya kandungan lemak trans dan asam lemak jenuh yang terbentuk ketika telah dipanaskan khususnya dalam waktu lama. Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian dikonsumsi, otomatis lemak memicu kadara kolesterol darah meningkat.

3. Batasi konsumsi manis
Konsumsi manis berlebihan bisa menyebabkan berbagai macam keluhan. Mulai dari diabetes hingga kolesterol yang meningkat. Selain kue kering, batasi juga minuman manis.

4. Konsumsi sayur
Untuk menyeimbangkan kadar kolesterol, jangan lupa konsumsi makanan seimbang. Seperti sayur, daging, ikan juga buah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0777 seconds (0.1#10.140)