10 Band Heavy Metal Bertopeng

Selasa, 22 Agustus 2017 - 05:30 WIB
10 Band Heavy Metal Bertopeng
10 Band Heavy Metal Bertopeng
A A A
JAKARTA - Semua orang pergi ke konser karena ingin mendapatkan pengalaman visual sebagai tambahan pada apa yang sudah mereka dapatkan di rumah dengan album yang mereka miliki. Yang biasa diharapkan dalam sebuah konser biasanya sangat banyak.

Beberapa band yang muncul hanya dengan perlengkapan mereka dan banner bisa memenangkan hati para penonton. Tapi, yang lain berusaha keras menyulap penonton dengan tontonan spektakuler dan mengenakan kostum serta topeng adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati konser itu.

Mereka yang menyebut band bertopeng hanyalah gimmick tentu tidak melihat keseluruhan arah artistik dan visi sebuah band. Musik adalah seni, jadi mengapa hanya berhenti pada komponen itu? Band yang memilih mengenakan kostum dan topeng sering kali adalah band dengan penonton pertunjukan live terbesar.

Dikutip dari Loudwire, ada sejumlah band yang mengenakan kostum dan tetap keren saat tampil di atas panggung. Siapa saja? Berikut daftarnya!

10. The Locust

The Locust
Agresi spasmik yang tidak menentu dan keanehan umum The Locust adalah seragam mereka. Seragam itu dibuat dari stelan nylon ketat dan topeng dengan mata serangga yang besar. Band itu tidak pernah selalu berdiri di atas panggung, mereka selalu berloncatan seperti serangga yang menjadi nama mereka.

9. Buckethead

Buckethead
Buckethead adalah salah satu gitaris paling produktif di dunia dan menyaksikan penampilan live-nya jelas menakjubkan. Fretboard-nya sepertinya melebar berkilo-kilo di tiap arah. Dia dikenal dengan gaya khasnya mengenakan ember KFC dengan sticker Funeral (Pemakaman) dan topeng putih polos yang menutup wajahnya.

8. The Residents
The Residents
Sepertinya semua mata mengarah kepada Residents atau Resident adalah mata itu. Aksi itu dimulai pada 1969. The Residents merupakan salah satu band bertopeng yang paling lama berdiri. Sementara mereka tampil dengan mengenakan helm mata yang menutup kepala dan wajah mereka, band itu terus mengubah penampilannya dan tidak membatasi diri mereka hanya pada musik.

7. Mushroomhead
Mushroomhead
Kostum Mushroohead membawa musik mereka hidup dengan penggunaan kostum yang sangat detil. Tiap topeng mereka mewakili persona yang berbeda, dengan ciri muka memanjang, biasanya dengan mulut yang lebar dan menakutkan. Tiap personel mengadopsi alter ego seperti Skinny, Nothing dan J Mann.

6. The Berzerker

The Berzerkers
Berzerker, band asal Australia ini merajut bentuk yang paling intens atas apa yang bisa disebut sebagai teror audio. Di masa awal band ini, tiap personel naik panggung dengan menggenakan topeng yang mengerikan, yang bahkan terlihat lebih menakutkan di bawah cahaya remang. Tiap topeng terlihat seperti binatang yang dimutilasi.

5. Portal

Portal
Musik death metal Portal yang mencekik dimainkan oleh sepasukan orang yang mengenakan jubah dan kerudung hitam dengan celah mata kecil dan simpul yang berjuntai dari leher mereka hingga ke menyentuh lantai. Vokalis mereka, The Curator, sering kali mengubah hiasan kepalanya, yang beragam dari kotak pengakuan dosa mini, topi paus hingga kerudung lebar yang ditambah dengan jari tentakel.

4. Lordi

Lordi
Lordi mendapatkan perhatian internasional setelah menjadi band rock/metal pertama yang memenangkan kontes Eurovision dengan lagu Hard Rock Hallelujah. Gambaran mereka, tentu, tidak menyakiti posisi mereka karena mereka berkembang dari waktu ke waktu dan monster di grup ini bisa masuk ke layar televisi rumah tangga. Dari awal, kostum band ini sangatlah detil, hampir membuat band ini seperti animatronik.

3. Ghost

Ghost
Band Ghost dari Swedia ini adalah sensasi terbesar yang menyapu musik keras pada dekade terakhir. Debut album mereka menarik perhatian karena banyak fans yang menyadari citra misterius dari Nameless Ghouls yang berjubah dan bertopeng serta sosok gelap Papa Emeritus. Tapi, beberapa waktu lalu, Papa Emeritus telah membongkar jati dirinya sebagai Tobias Forge.

2. GWAR
GWAR
GWAR adalah salah satu band bertopeng paling kondang. Mereka mengawali diri sebagai band lelucon bernama Death Piggy pada akhir 80an. Setelah menyadari bahwa fans datang untuk Death Piggy, mereka mengubah fokus dan memulai GWAR. Tiap personel punya identitas dan kepribadian yang sesuai. Tidak ada orang yang memainkan peranan mereka lebih baik ketimbang almarhum Oderus Urungus. Dengan Blothar di depan, band itu berhasil menjaga kapal tetap stabil, siap untuk eksplorasi berikutnya di dunia mereka yang fiktif.

1. Slipknot

Slipknot
Tidak ada yang tidak kenal Slipknot. Band itu telah mengubah kostum dan topeng selama bertahun-tahun, menjadi lebih detil seiring berjalannya waktu. Tiap persona personel itu punya arti pribadi dan Clown bisa diatribusikan untuk memulai tema topeng karena dia sering mengenakan topeng badut untuk berlatih pada awal band itu berdiri. Live show mereka bersendi pada penampilan berbahaya band itu. Mereka berloncatan di atas panggung dan mengubah show mereka menjadi sesuatu dari sekadar konser.

(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3428 seconds (0.1#10.140)