4 Tips Sehat Saat Musim Hujan Tiba

Senin, 02 Oktober 2017 - 18:28 WIB
4 Tips Sehat Saat Musim Hujan Tiba
4 Tips Sehat Saat Musim Hujan Tiba
A A A
JAKARTA - Sistem kekebalan tubuh kerap menurun saat memasuki musim hujan. Hal itu disebabkan pola gaya hidup yang tidak sehat sehingga memicu seseorang terkena berbagai penyakit. Lantas bagaimana agar tetap sehat saat musim hujan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M Epid berbagi tips menjaga kesehatan saat musim hujan tiba. Apa saja?

1. Olahraga
Berolahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melakukan aktivitas fisik seperti berjalan,jogging, berlari atau bermain game di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas.

Hal ini membuat Anda terasa lebih bersemangat, fokus dan terorganisir untuk menjalani aktivitas. Nah olahraga seminggu tiga kali pun efektif dalam meningkatkan antibodi dan terhindar dari berabagai penyakit.

2. Memilih makanan bergizi
Pemilihan makan saat mengkonsumsi sangatlah penting. Memilih jenis makanan yang lengkap dan memiliki gizi seimbang dapat membantu dalam meningkatkan imunitas.

" Makanan bergizi dan seimbang kaya karbohidrat, protein, lemak serta susu bisa menjaga tubuh tetap sehat," bebernya.

3. Tidur cukup
Tidur cukup ternyata memiliki peran penting untuk menjaga kualitas kesehatan. Bagi usia produktif, tidur harus memiliki kualitas yang cukup.

"Tidur cukup penting. Setiap rentan usia punya cukup tidur yang beda- beda di usia produktif harus tidur selama 8 jam," ujar dia.

4. Relaksasi diri
Berfikir positif dan meningkatkan suasana hati bisa terhindari dari berbagai penyakit yang sering terjadi di musim hujan. Relaksasi diri pun bisa dilakukan di rumah tanpa memiliki biaya mahal. "Yang terpenting adalah tepat sasaran ya kayak jatuh cinta aja atau meningkatkan perasaan bahagia," terangnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5843 seconds (0.1#10.140)