Siapa Bilang Olive Oil Enggak Cocok untuk Masakan Indonesia?

Jum'at, 25 Januari 2019 - 04:23 WIB
Siapa Bilang Olive Oil Enggak Cocok untuk Masakan Indonesia?
Siapa Bilang Olive Oil Enggak Cocok untuk Masakan Indonesia?
A A A
JAKARTA - Banyak pandangan bahwa olive oil atau minyak zaitun hanya cocok digunakan untuk memasak makanan western atau barat dibandingkan kuliner Nusantara. Akan tetapi, anggapan tersebut tidaklah tepat.

Nutrisionis dalam negeri, Emilia Achmadi menjelaskan bahwa olive oil juga nikmat digunakan untuk memasak beragam kuliner Indonesia. Anggapan minyak zaitun tidak cocok untuk masakan Indonesia hanyalah mitos. Kendati demikian, penggunaanya untuk makanan Indonesia belum terlalu dikenal luas.

"Saya ingin mematahkan kepercayaan orang Indonesia kalau olive oil cuma cocok untuk makanan western. Itu mitos. Karena semua masakan Indonesia cocok dengan olive oil. Olive oil can be use untuk segalanya," jelas Emilia saat acara Masakan Sederhana, Lezat dan Sehat dengan Cara Bertoli di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta, Kamis (24/1).

Agar makan menjadi lebih nikmat dan juga dengan gaya memasak yang mudah, Emilia menyarankan untuk mengenal jenis olive oil terlebih dahulu. Terdapat tiga jenis olive oil yang bisa digunakan, seperti extra light olive oil untuk makanan deep fried, seperti ayam goreng dan ikan goreng.

Jenis lainnya ada classico olive oil yang bisa digunakan untuk memasak tumisan dan memanggang. Terakhir adalah extra virgin oil yang bisa digunakan untuk roti, pasta dan salad sebagai dressing.

Selain mengetahui kegunaanya, penting juga untuk mengetahui temperatur penggunaan olive oil. "Temperatur yang ideal antara 175 hingga 180 derajat celcius. Untuk jenis extra light olive oil bisa mencapai 220 derajat celcius. Extra virgin oil ini tahan panas sampai 100 derajat celcius, tapi nanti antioksidannya rusak. Variasi dan fleksibilitas olive oil itu sagat tinggi," terangnya

Dalam kesempatan yang sama, Chef Marinka mengatakan jika tidak perlu khawatir soal rasa. Pasalnya, masakan Indonesia memiliki rasa yang sangat kuat, sehingga penggunaanya tidak akan mengurangi rasa masakan tersebut.

"Masakan Indonesia, masakan Asia itu cocok pakai olive oil. Makanan Indonesia taste-nya kuat jadi enggak akan kurang rasanya pakai olive oil. Sama sekali olive oil enggak akan menggagu," ungkap Chef Marinka.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5016 seconds (0.1#10.140)