5 Tips Memilih Kuas Makeup untuk Riasan Sempurna

Jum'at, 19 April 2019 - 17:02 WIB
5 Tips Memilih Kuas Makeup untuk Riasan Sempurna
5 Tips Memilih Kuas Makeup untuk Riasan Sempurna
A A A
JAKARTA - Selain menggunakan produk makeup yang tepat, riasan yang maksimal juga sangat bergantung pada cara Anda memilih aplikator yang digunakan. Salah satu aplikator makeup yang bisa diandalkan untuk mengaplikasikan berbagai jenis produk kecantikan adalah kuas.

Namun, tak bisa asal memilih kuas, Anda memerlukan kuas yang berkualitas agar hasil makeup lebih sempurna. Selain itu, memilih kuas makeup yang tepat dan berkualitas akan lebih awet dan aman untuk kulit.

Bagi Anda yang sedang mencari kuas makeup yang tepat dan berkualitas, sebelum membeli, seperti dikutip Sociolla, ada baiknya mempertimbangkan 5 hal berikut ini.

1. Pilih jenis kuas sesuai kebutuhan
Berbeda produk makeup, berbeda pula jenis kuas makeup yang Anda butuhkan. Sebut saja flat brush yang bisa Anda pilih untuk mengaplikasikan foundation atau bedak supaya hasilnya lebih halus atau angled brush jika Anda membutuhkan kuas untuk mengaplikasikan kontur.

Berbeda pula dengan fan brush yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup dalam bentuk bubuk, seperti highlighter atau bronzer. Pilih dan beli kuas makeup yang sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu. Bila setelahnya Anda ingin belajar berbagai teknik makeup, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membeli brush set.

2. Perhatikan bahan bulu kuas
Setelah menentukan jenis kuas yang akan dibeli, Anda perlu memerhatikan juga bahan bulu kuasnya. Biasanya, kuas makeup yang dijual di pasaran terbuat dari dua jenis bahan yakni natural bristle dan synthetic bristle. Keduanya tentu saja memiliki efek yang berbeda baik dilihat dari sisi kelembutan dan riasan yang dihasilkan. (Baca juga: 5 Trik Makeup untuk Pemilik Dahi Lebar ).Biasanya banyak orang lebih memilih kuas dengan bahan rambut natural karena lebih lembut di kulit, mengambil atau menyerap produk yang akan diaplikasikan dengan mudah dan menghasilkan finish yang halus. Karenanya, kuas dengan natural bristle akan cocok digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup dengan tekstur bubuk. Sedangkan untuk makeup dengan tekstur cair atau krim akan lebih disarankan menggunakan kuas dengan synthetic bristle.
3. Gunakan kuas dengan ukuran dan gagang yang tepat
Selain jenis bahan yang digunakan untuk bulu pada kuas, yang tak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah ukuran dan bahan gagang kuas makeup. Kuas makeup yang berkualitas akan memiliki gagang yang kokoh dengan ukuran yang pas dan disesuaikan dengan anatomi tangan sehingga akan nyaman ketika digunakan untuk mengaplikasikan produk makeup. Gagang yang bagus dari kuas makeup yang berkualitas juga akan membuat bulu kuas tidak mudah rontok sehingga lebih awet.

4. Pilih yang aman untuk kulit sensitif
Pemilik kulit sensitif harus selalu memerhatikan produk kecantikan yang dipakai pada wajah agar tidak menimbulkan breakout maupun iritasi. Ternyata tak hanya produk makeup saja yang bisa berpotensi membahayakan kulit sensitif, tetapi kuas makeup yang digunakan juga dapat menjadi penyebabnya. (Baca juga: Song Joong Ki Terlihat Gagah di Drama Arthdal Chronicles ).

Selain karena tidak merawat kebersihan kuas makeup dengan baik dan rutin, ternyata bahan kuas natural juga bisa menimbulkan iritasi, alergi dan juga breakout terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Karenanya, bila memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa beralih menggunakan kuas sintetis yang akan lebih aman dan meminimalkan efek samping.

5. Membeli merek yang bagus untuk investasi

Biasanya, barang yang berkualitas akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dan membuat Anda perlu merogoh kantong agak dalam. Namun, membeli kuas yang berkualitas dengan harga yang cukup mahal bisa menjadi investasi jangka panjang, apalagi bagi Anda yang ingin belajar makeup.

Selain dapat menghasilkan riasan yang lebih maksimal, kuas makeup yang berkualitas juga bisa lebih awet karena tidak mudah rusak, bulunya tidak mudah rontok, serta mudah dirawat dan dibersihkan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)