Album BTS Terjual 1 Juta Keping di Amerika Serikat

Rabu, 03 Juli 2019 - 06:24 WIB
Album BTS Terjual 1 Juta Keping di Amerika Serikat
Album BTS Terjual 1 Juta Keping di Amerika Serikat
A A A
SEOUL - Boyband BTS menorehkan prestasi baru. Boyband beranggotakan tujuh orang itu mencatatkan diri musisi Korea Selatan (Korsel) pertama yang berhasil menjual album hingga satu juta keping di Amerika Serikat (AS). Penjualan tersebut menunjukkan BTS tidak hanya digemari di Korsel dan Asia, tetapi juga di AS. BTS patut bangga karena mampu mengalahkan musisi lokal di tengah ketatnya persaingan dunia hiburan.

Mereka mampu menjual album sebanyak satu juta keping dalam waktu kurang dari setengah tahun. Capaian boyband bentukan Big Hit Entertainment tentu saja juga membanggakan para penggemarnya. Seperti dilansir Billboard, lima tahun setelah konser pertama di Seoul, BTS berhasil mendominasi dunia hiburan. Mereka menjadi musisi dengan pendapatan konser tertinggi Mei tahun ini.

Dari delapan konser di New York, Chicago, Los Angeles, dan Sao Paolo, BTS berhasil menjual 384.498 tiket atau USD51,7 juta. “Pendapatan itu menjadi pendapatan terbesar yang pernah diraih grup band musik dalam sebulan pada 2019,” ungkap Billboard. Enam konser BTS di Stadion MetLife New Jersey, Rose Bowl Pasadena California, dan Soldier Field Chicago, AS, saja berhasil meraup pendapatan USD44 juta dari penjualan 300.000 tiket.

BTS bukan hanya musisi non-Amerika yang sukses di AS, melainkan juga artis dengan jadwal konser terpadat dan terlaris di dunia. Konser di Rose Bowl meraup pendapatan USD16,6 juta dengan penjualan tiket sebanyak 113.040 (4-5 Mei). Capaian itu melampaui rekor tertinggi konser yang pernah dicatat Taylor Swift dan U2. Konser BTS di Sao Paolo, Brasil, 25-26 Mei, juga berjalan sukses. Mereka memperoleh pendapatan USD7,7 juta dari penjualan 84.812 tiket.

Pada 2017, BTS juga pernah menggelar konser di Citibank Hall, Sao Paolo. Namun, saat itu mereka hanya mampu meraup pendapatan USD1,2 juta dari penjualan 15.327 tiket. Musisi Korsel lainnya yang sukses di luar negeri ialah BLACKPINK dengan pendapatan USD3,6 juta dalam sebulan. Mereka berada di posisi ke-29. Di urutan kedua ada Metallica dengan pendapatan USD28 juta, P!nk USD24 juta, Spice Girls USD23 juta, Ariana Grande USD19 juta, Ed Sheeran USD19 juta, dan Cher USD17 juta.

Ed Sheeran yang menjadi musisi dengan pendapatan konser tertinggi pada April harus mengalami penurunan pada Mei. Sebaliknya, Metallica menjadi musisi dengan kenaikan tertinggi. Konser terbesar mereka sukses berlangsung di Stade de France Paris dengan pendapatan USD6,9 juta dari penjualan 74.889 tiket. Pengamat musik dan budaya K-pop, Jeff Benjamin, mengatakan boyband Korsel, terutama BTS, menjadi kekuatan yang mengubah industri musik AS.

“Dulu, setiap label musik di AS mencari penyanyi seperti Lady Gaga. Sekarang, setiap label musik di AS mencari boyband seperti BTS,” kata Benjamin kepada Yonhap. Kesuksesan BTS di AS menunjukkan perbedaan bahasa bukanlah sebuah kendala dalam memikat hati penikmat musik internasional. Di samping itu, penggemar BTS disebut sangat rajin menerjemahkan dan menyebarkan lirik lagu Korea dalam bahasa Inggris sehingga membantu memasarkan musik K-pop ke luar negeri.

“Penggemar K-pop bukanlah penggemar musik saja. Mereka biasanya merupakan penggemar budaya Korea melalui siaran video, drama, dan TV show,” ujar Benjamin. Menurut Benjamin, musisi K-pop lainnya yang memiliki pengaruh besar di luar Korsel ialah BLACKPINKS dan NCT 127 yang baru saja merilis album.

Album terbaru BTS “Map of the Soul: Persona” tercatat sebagai album terlaris sepanjang masa di Korsel. Sampai Mei, total album ketujuh BTS tersebut terjual hingga 3,39 juta keping. Capaian itu melampaui rekor penjualan album ketiga Kim Gun-mo Mis-Encounter yang terjual 3,3 juta keping sekitar 24 tahun yang lalu.

J-Hope Terkaya

Berdasarkan Showbiz Cheat Sheet, setiap anggota BTS memperoleh pendapatan yang sama, yakni sekitar USD8 juta. Namun, Jung Ho-Seok atau dikenal J-Hope menjadi anggota terkaya karena meraih pendapatan tambahan sebesar USD4 juta. Sumber kekayaannya berasal dari proyek album solo berjudul Hope World.

J-Hope bukanlah satu-satunya anggota BTS yang memiliki proyek pribadi. RM dan Suga juga merilis album lagu sendiri. Namun, J-Hope disebut lebih sukses. Lagu andalannya Daydream diputar sebanyak 35 juta kali di Spotify. J-Hope juga banyak berkolaborasi dengan bintang K-pop lainnya, termasuk dengan Jo Kwon.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9028 seconds (0.1#10.140)