4 Cara Alami Menjaga Kulit Sehat

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:37 WIB
4 Cara Alami Menjaga Kulit Sehat
4 Cara Alami Menjaga Kulit Sehat
A A A
JAKARTA - Monsun identik dengan gangguan musiman, penyakit, dan masalah kulit. Para ahli mengatakan bahwa lingkungan yang sarat kelembaban biasanya menjadi penyebab terbesar ruam, gatal, dan infeksi. Obat-obatan Ayurvedic dengan sifat alaminya bisa menyembuhkan masalah kulit dan menyediakan bantuan instan dan melindungi kulit dari penyakit berbahaya.

Profesional kesehatan Dr Manoj Kutteri dan praktisi ayurveda Dr Aneesh Manoharan berbagi kiat untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Seperti dilansir Time Of India, berikut ulasannya;

1.Gunakan sifat penyembuhan alam dari aloe
Kelembaban udara yang tak terhindarkan selama musim ini membuat kulit terasa gatal, berminyak, dan rentan terhadap infeksi.

"Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi, menenangkan kulit dan penyembuhan secara alami. Gel lidah buaya segar dengan sifat antiinflamasinya mengobati gatal-gatal dan infeksi untuk kulit yang sehat. Lidah buaya mencegah berjerawat sekaligus memberikan rasa segar pada kulit,” kata praktisi Ayurveda Dr Aneesh Manoharan.

2. Perawatan infeksi dengan mimba
Kebaikan daun mimba sudah dikenal sejak lama. Mimba merupakan ramuan antibakteri, antivirus dan anti-inflamasi. Ahli kesehatan profesional Dr Manoj Kutteri menyatakan mimba mengobati infeksi seperti jerawat, pigmentasi, ruam, dan sebagainya, termasuk mengontrol kelembaban kulit.

“Mimba bisa digunakan sambil mandi, mengoleskan minyak mimba pada infeksi dan bahkan menambah beberapa daun mimba dalam makanan dapat membantu menjaga kulit sehat dengan memberikan tubuh pengobatan antibakteri alami,” terang Manoj.

3. Tingkatkan imunitas anda dengan turmerik
Haldi atau kunyit adalah salah satu pengobatan ayurveda paling terkenal untuk menyembuhkan tubuh dari dalam. Kunyit menenangkan kulit, menyembuhkan masalah, seperti jerawat, pigmentasi, dan lainnya ketika diterapkan sebagai paket wajah pada kulit.

“Mencampur kunyit dengan susu atau menambahkannya dalam makanan meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan pembersihan alami pada tubuh yang terlihat pada kulit juga,” kata Dr Manoharan.

4. Teh ayurvedic

Teh herbal Ayurvedic diseduh dengan rempah-rempah seperti teh hijau, jahe, serai, tulsi, chamomile bisa membuat tubuh bersih.

"Salah satu alasan masalah kulit selama musim hujan adalah pola makan yang tidak benar yang meliputi makanan yang digoreng, sampah, dan rempah-rempah. Dengan teh herbal ayurvedic, tubuh menjadi bersih yang semakin menyembuhkan banyak penyakit kulit. Ini juga merupakan obat yang hebat. untuk batuk dan pilek selama musim hujan,” beber Dr Kutteri.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5147 seconds (0.1#10.140)