Menggerakkan Minat Baca Anak

Senin, 22 Desember 2014 - 11:45 WIB
Menggerakkan Minat Baca Anak
Menggerakkan Minat Baca Anak
A A A
Seribu anak-anak usia 3-4 tahun beserta guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kota Bogor dan orang tua berkumpul di Kebun Raya Bogor, Sabtu (20/12) pagi. Mereka merayakan Hari Ibu dengan menggerakkan minat baca pada anak usia 0-6 tahun.

Bertajuk “Kasih Ibu dalam Buku”, MNCTV bersama Dompet Dhuafa mengadakan Festival Membaca 2014. UNESCO menyebutkan, idealnya setiap orang membaca tujuh judul buku per tahun. Tapi yang terjadi di Indonesia, hanya satu judul buku rata-rata dibaca oleh 3 sampai 4 orang.

Saat ini setiap tahun Indonesia hanya menerbitkan sekitar 24.000 judul buku dengan rata-rata cetak 3.000 eksemplar per judul. Jadi, dalam setahun, Indonesia hanya menghasilkan sekitar 72 juta buku. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia 240 juta jiwa, satu buku rata-rata dibaca 3 sampai 4 orang, Ada persoalan seputar sedikitnya jumlah penerbitan buku, juga ada persoalan minat membaca.

Hal tersebut yang menggerakkan MNCTV dan Dompet Dhuafa membuat acara tersebut. Mereka menyosialisasikan pentingnya membaca bagi anak-anak. “Sebelumnya kami sudah melakukan rangkaian dengan road show ke banyak perpustakaan dan mengenalkan pendidikan anak usia dini dengan metode membaca. Pada acara ini juga kami memberikan buku bacaan untuk mereka agar bisa dibacakan oleh orang tua,” ujar Direktur Program Dompet Dhuafa Drg Imam Rulyawan.

Di pilih Kota Bogor karena dianggap yang paling pesat perkembangan sekolah PAUD di kota hujan ini. Pada kesempatan itu, anakanak yang hadir diberi hiburan cerita oleh pendongeng profesional Kak Aio. Selain itu, hadir juga kontestan Indonesian Idol Junior yang telah tereliminasi, Fadli dan Melitha, yang mengajak kembarannya Melisa.

Stan foto dengan badut Upin-Ipin dan karakter kartun Boboi Boy yang tayang di MNCTV juga semakin menghibur para murid PAUD yang datang. Komitmen MNCTV untuk anak Indonesia memang besar. Selain menghadirkan tayangan kartun yang mendidik, MNCTV juga kerap mengadakan acara off-air untuk anak-anak.

“MNCTV sangat peduli dengan program acara yang bertujuan membangun kebersamaan antara orang tua dan anak seperti yang menjadi tujuan diadakannya Festival Baca 2014 ini. Semoga minat baca di kalangan anak-anak bisa tumbuh,” kata Managing Director MNCTV Kanti Mirdiati.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5505 seconds (0.1#10.140)