Wakatobi Masih Butuh Promosi

Senin, 05 Januari 2015 - 12:10 WIB
Wakatobi Masih Butuh Promosi
Wakatobi Masih Butuh Promosi
A A A
KABUPATEN Wakatobi memiliki keindahan bawah laut yang beragam. Untuk membuka mata semakin banyak wisatawan tentang keindahan tersebut, perlu dilakukan promosi.

Promosi dan aksesibilitas merupakan dua hal yang dibutuhkan untuk memajukan wisata bahari di Kepulauan Wakatobi. ”Produk bagus kalau tidak dipromosikan, masyarakat tidak akan tahu. Kalau tidak ada aksesibilitasnya, juga tidak dikenal,” kata Hugua, Bupati Kabupaten Wakatobi, di Pulau Wanci, Wakatobi, seperti dilansir Okezone .

Menurut Hugua, saat ini aksesibilitas di Wakatobi mulai bagus. Terbukti dengan adanya bandar udara di Wangiwangi yang dapat mengangkut wisatawan. Meski demikian, Hugua juga menginginkan lebih banyak wisatawan tahu keindahan Wakatobi. ”Sekarang Wakatobi sudah bagus, aksesibilitasnya juga sudah bagus. Namun, bagaimana caranya orang bisa tahu Wakatobi?” ucap Hugua.

Hugua membandingkan Indonesia dengan Singapura yang banyak dikunjungi wisatawan asal Indonesia. Dia menilai, Indonesia memiliki lebih banyak destinasi wisata dibanding Singapura. ”Kalau mau wisata belanja, belanja saja di Senayan, Tanah Abang. Kalau mau jalan-jalan, lebih bagus di Puncak Waginopo daripada di Sentosa Singapura,” katanya.

Untuk menarik minat wisatawan untuk datang ke Wakatobi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Wakatobi mempunyai trik khusus. Mereka menerapkan desa sadar wisata di setiap pulau berpenduduk yang ada di Wakatobi. Hal ini mulai diterapkan agar masyarakat siap menerima kedatangan wisatawan dalam jumlah yang besar.

”Di desa sadar wisata ini kami memberikan pemahaman kepada setiap warga tentang kesadaran wisata. Bagaimana mereka sadar lingkungan dan kebutuhan wisatawan di Wakatobi,” ucap Ali Maruf, Kepala Bidang Destinasi Disparekraf Kabupaten Wakatobi kepada Okezone di Pulau Tomia, belum lama ini.

Iman/okezone
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8492 seconds (0.1#10.140)
pixels