Kenali Gejala Pendarahan Menstruasi Berlebih

Selasa, 21 April 2015 - 08:40 WIB
Kenali Gejala Pendarahan Menstruasi Berlebih
Kenali Gejala Pendarahan Menstruasi Berlebih
A A A
JAKARTA - Waspadalah bagi wanita yang mengalami menstruasi lebih dari 10 hari. Sebab, ini merupakan salah satu gejala Heavy Menstrual Bleeding (HMB) atau perdarahan menstruasi berlebih.

Namun sayangnya, banyak wanita yang tak sadar mengalami HMB. Dalam peraktek klinis, prevalensi HMB cenderung diremehkan, karena hanya sedikit wanita yang mencari nasihat medis untuk kondisi ini. Secara normal, menstruasi akan berlangsung selama lima hari.

"Menstruasi normalnya sekitar lima hari, tetapi kalau heavy menstrual bleeding (HMB) atau perdarahan berlebih bisa sampai 10 hari," papar Guru Besar Ilmu Obstetri dan Ginekologi Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG(K), FAMM, di Kawasan Senayan, Jakarta.

Wanita yang mengalami HMB akan mengganti pembalut lebih sering. Di samping itu, penderita HMB akan merasa lemas dan aktivitas sehari-harinya terganggu. Penderita HMB akan mengalami menstruasi darah yang berlebihan sekitar 80 ml.

"Perdarahan berlebih bisa dihubungkan dengan berapa kali mengganti pembalutnya. Menggunakan lebih dari satu pembalut, setiap jam secara berturut-turut harus mengganti. Itu merupakan petunjuk pendarahan yang berlebih," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9392 seconds (0.1#10.140)