Deretan Event Perlombaan Burung Bergengsi

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:44 WIB
Selanjutnya, ada perlombaan burung Bupati Cup III Kulon Progo. Kegiatan yang berlangsung pada Juli 2019 ini sangat bergengsi di tingkat nasional. Tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk melestarikan burung berkicau dan memotivasi para penangkarnya.

Mengutip laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, perlombaan ini diadakan oleh Dinas Pertanian dan PBI (Pelestari Burung Indonesia) cabang Kulon Progo. Menurut data, peserta lomba yang terdaftar sebanyak 1.075 kontestan dan berasal dari berbagai wilayah, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, hingga Bali. Adapun jumlah kelas yang dipertandingkan adalah 34, dengan 4 kategori yaitu:

- Kategori Binangun (kelas murai batu ring, kacer/koci, branjangan ring, kenari STD kalitan, cucak hijau, anis merah, lovebird fighter, dan love paud).

- Kategori Nyi Ageng Serang (kelas branjangan ring, lovebird umum, murai batu ring, dan hwamei).

- Kategori Adikarta (kelas cucak hijau, murai batu ring, dan hwamei).

- Kategori Menoreh (kelas tledekan, anis kembang ring, anis merah, cucak hijau, dan murai batu ring).

Bandit Bird Club

Dari Bintan, kicau mania bernama Bandit Bird Club (BBC) menggelar perlombaan burung berkicau bergengsi pada 13 Februari 2022. Bukan hanya dari wilayah Bintan, para kontestan datang dari Kuala Lobam, Tanjunguban, Batam, dan wilayah lainnya. Panitia mempertandingkan 25 kelas ditambah 3 kelas best of the best. Sementara itu, jenis burung primadona yang diperlombakan adalah kacer, kenari, dan murai batu.

Piala Raja Hamengku Buwono

Dari Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY, Kraton Ngayogyakarta, dan PBI cabang Bantul menyelenggarakan lomba burung berkicau yang memperebutkan Piala Raja Hamengku Buwono. Perlombaan ini berlangsung pada 18 September 2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More