Apa Hubungan Nyi Roro Kidul dengan Warna Hijau? Ini Jawabannya

Jum'at, 07 April 2023 - 04:40 WIB
Dari sana Basoeki selalu menggunakan warna hijau untuk setiap baju yang dipakai Nyi Roro Kidul dalam lukisannya.



Mitos Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan

Mitos soal larangan pakai baju hijau ketika berada di pantai selatan masih ada sampai sekarang. Beberapa orang percaya, jika nekat pakai baju hijau, akan 'ditelan' laut dan menjadi pelayan Nyi Roro Kidul di dunia gaib.

Di sisi lain, ilmu sains punya jawaban kenapa seseorang dilarang pakai baju hijau di pantai selatan. Itu karena dasar laut yang terdiri dari karang, rumput laut, dan pasir yang terkena sinar matahari akan membuat air laut terlihat keruh hingga berwarna kehijauan.

Terlebih, warna pantai laut selatan diketahui berbeda dengan warna laut lain yang kebanyakan biru bersih. Pantai selatan didominasi oleh ombak laut yang tinggi dan besar, yang mana airnya terlihat berwarna hijau. Karena punya pantuan air pantai berwarna hijau, dikhawatirkan ketika ada seseorang tersapu ombak, korban nyaru dengan warna air laut yang pada akhirnya susah diidentifikasi dalam proses pencarian.

Jadi, itu dia alasan kenapa Nyi Roro Kidul identik dengan warna hijau. Menarik sekali bukan informasi ini? Semoga bisa menjadi pengetahuan baru untuk Anda ya!
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More