7 Penyakit yang Bisa Diketahui dari Bau Badan, Kenali Gejalanya

Selasa, 16 Mei 2023 - 09:00 WIB

2. Hiperhidrosis



Hiperhidrosis menyebabkan tubuh berkeringat lebih dari biasanya. Hiperhidrosis tidak menyebabkan bau itu sendiri, namun keringat berlebih bercampur dengan bakteri tubuh menciptakan bau badan. Ada dua jenis utama hiperhidrosis yakni primer dan sekunder.

Hiperhidrosis primer menyebabkan keringat berlebih di satu area tubuh, seperti ketiak, tangan, kaki, kepala, dan selangkangan. Kondisi ini turun-temurun dan mempengaruhi sekitar 5 persen dari populasi. Sedangkan hiperhidrosis sekunder adalah keringat berlebih yang disebabkan oleh kondisi medis atau obat-obatan tertentu.

3. Diabetes



Pasien diabetes sering mengalami komplikasi medis tambahan. Infeksi saluran kemih terkait diabetes (ISK) dan kadar glukosa darah yang tinggi dapat meningkatkan bau badan.

Ketoasidosis diabetik adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana tubuh kekurangan insulin, menghilangkan sel gula yang mereka butuhkan untuk energi. Salah satu gejalanya adalah bau napas buah yang khas.



4. Tiroid



Kelenjar tiroid mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk respons keringat. Ketika Anda memiliki hipertiroidisme atau tiroid yang terlalu aktif atau penyakit grave, tubuh Anda dapat menghasilkan keringat yang berlebihan. Bahkan jika Anda tidak memaksakan diri untuk terlalu banyak bergerak.

5. Gagal Ginjal dan Disfungsi Hati

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More