Grup RS Siloam dan FKUI Kolaborasi untuk Dorong Kemajuan Pendidikan Kedokteran Urologi di Indonesia

Jum'at, 21 Juli 2023 - 14:14 WIB
Sebagai salah satu institusi pendidikan kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI mempunyai visi untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran, serta budaya yang unggul dan berdaya saing melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan dunia.

Melihat tingginya angka kejadian penyakit di NTT, terutama untuk kasus urologi, FKUI dan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai RS pendidikan utama dari FKUI, memulai kerja sama di Kupang dengan Grup RS Siloam dan RSUD Prof. DR. WZ. Johannes untuk mencapai visi mereka serta mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan persebaran dokter di Indonesia.

Melalui kerja sama ini, dokter spesialis urologi residen dari FKUI akan ditugaskan ke salah satu rumah sakit di Kota Kupang untuk menyelesaikan pendidikan mereka. Para dokter spesialis urologi residen dapat turun langsung untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat di wilayah sekitar dan melakukan tindakan medis sesuai dengan kompetensinya. Para dokter spesialis residen ini juga akan berada dalam bimbingan dan pengawasan dari dokter spesialis urologi di rumah sakit tempat mereka ditugaskan.

“Setelah melalui proses visitasi dan observasi, FKUI-RSCM memutuskan untuk bekerja sama dengan RS Siloam Kupang dan RSUD Prof. DR. WZ. Johannes di mana FKUI akan mengirimkan mahasiswa dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) ke salah satu rumah sakit tersebut, khususnya di bidang urologi," kata Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., M.M.B, Dekan FKUI, melalui keterangan tertulis, Kamis (21/7/2023).

"Kerja sama ini dapat membantu RSCM dan FKUI dalam menambah kompetensi serta jumlah spesialis urologi di Indonesia. Dengan kerja sama ini pula, diharapkan PPDS urologi FKUI-RSCM mendapat banyak pengalaman luar biasa dengan mempelajari berbagai kasus di Indonesia Timur yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Selain itu, kerja sama dalam bentuk riset atau penelitian juga dapat dilakukan sebagai bentuk pengembangan ilmu dan pendidikan kedokteran," tambahnya.

Caroline Riady, Managing Director Grup RS Siloam, menyambut baik kerja sama dengan FKUI dan RSCM ini.

“Kami menyambut hangat dan berterima kasih kepada FKUI dan RSCM yang telah memilih Grup RS Siloam untuk menjadi RS Pendidikan Satelit untuk kedokteran spesialisas urologi. Kerja sama ini merupakan bentuk perwujudan komitmen sektor publik dan swasta untuk Indonesia," kata Caroline.

"Grup RS Siloam dan FKUI memiliki visi yang sama, yakni memajukan pendidikan kedokteran di Indonesia. Permintaan akan tenaga medis berkualitas masih tinggi untuk wilayah Nusa Tenggara. Kami juga berharap dengan ditugaskannya dokter residen spesialis ke wilayah NTT dapat menumbuhkan minat mereka untuk melayani masyarakat di sini," pungkasnya.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More