5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare hingga Asam Urat

Jum'at, 22 September 2023 - 12:36 WIB
Beberapa buah-buahan, terutama yang memiliki kandungan gula tinggi, dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara cepat. Hal ini menjadi perhatian bagi individu dengan diabetes atau resistensi insulin.

3. Masalah Gigi



Gula dan asam alami dalam buah-buahan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan erosi enamel jika dikonsumsi berlebihan dan tidak diikuti dengan kebersihan mulut yang baik.



4. Masalah Pencernaan



Mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi dalam jumlah besar dalam waktu singkat dapat menyebabkan gas, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan.

5. Diare



Konsumsi buah-buahan tertentu secara berlebihan dapat menyebabkan diare karena efek pencaharnya. Buah plum, misalnya, dikenal karena manfaatnya bagi pencernaan, tetapi dapat menyebabkan buang air besar jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Penting untuk diingat bahwa efek samping yang disebutkan di atas biasanya dikaitkan dengan konsumsi buah yang berlebihan, dan bagi kebanyakan orang, buah-buahan adalah tambahan yang sehat. Namun, jika khawatir akan konsumsi berlebihan, Anda perlu berhati-hati dengan pisang, anggur, mangga, dan sitrus.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More