Hati-Hati! Ini Efek Bahaya Suntik Kurus bagi Tubuh

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:19 WIB
Peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan suntikan penurun berat badan sembilan kali lebih mungkin menderita radang pankreas, yang dalam beberapa kasus memerlukan pembedahan untuk mengatasi masalah tersebut.





Mereka juga empat kali lebih mungkin mengalami obstruksi usus dan berisiko empat kali lebih tinggi terkena gastroparesis, atau kelumpuhan perut, yang membatasi perjalanan makanan dari lambung ke usus kecil.

"Mengingat luasnya penggunaan obat-obatan ini, efek samping ini, meskipun jarang, harus dipertimbangkan oleh pasien yang berpikir untuk menggunakannya demi menurunkan berat badan," kata peneliti utama, Mohit Sodhi.

“Kalkulus risikonya akan berbeda tergantung pada apakah pasien menggunakan obat ini untuk diabetes, obesitas, atau sekadar penurunan berat badan secara umum," lanjutnya.

Temuan penelitian di AS ini telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Para peneliti kini berharap badan pengawas dan pembuat obat akan mempertimbangkan untuk memperbarui label peringatan pada produk mereka.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More