Tidak Punya Riwayat Kanker, Apakah Sudah Pasti Bebas Risiko?

Jum'at, 02 Februari 2024 - 06:00 WIB
Seiring dengan perkembangan teknologi kesehatan, risiko kanker dapat diketahui melalui pemeriksaan berbasis genetik. Pemeriksaan ini dapat membantu seseorang mengetahui risiko penyakit yang mungkin dialami akibat pola hidup yang tidak sehat.

Perlu diketahui, tidak memiliki riwayat anggota keluarga dengan penyakit kanker, bukan berarti kita terbebas dari risiko kanker.

Prodia memiliki pemeriksaan CArisk, yaitu pemeriksaan berbasis genetik yang dapat mengidentifikasi risiko terjadinya 13 jenis kanker, di antaranya kanker payudara, kanker serviks, kanker kolorektal, kanker lambung, kanker hati, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker ovarium, kanker nasofaring, kanker tiroid, dan kanker getah bening.

Pemeriksaan ini bukanlah diagnosis apakah seseorang menderita kanker atau tidak. CArisk bertujuan untuk memberikan informasi terkait tingkat risiko kanker dari rendah ke tinggi dengan menilai apakah susunan keseluruhan gen dalam tubuh seseorang berkaitan dengan kerentanan terhadap kanker tertentu.

Dengan diketahuinya informasi genetik masing-masing individu, maka penentuan strategi pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan secara tepat dan spesifik.

Risiko kanker yang diidentifikasi oleh pemeriksaan CArisk dikelompokkan menjadi risiko tinggi (high risk), risiko potensial (potential risk), risiko menengah (average risk), dan risiko rendah (low risk).

CArisk sangat disarankan untuk dilakukan bagi individu yang sudah memasuki usia 18 tahun agar langkah pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin.

Selain itu, pemeriksaan ini hanya cukup dilakukan sekali seumur hidup yang dapat membantu menekan biaya pengobatan apabila terjadi risiko.

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Prodia memberikan layanan khusus untuk deteksi dini risiko dan pemantauan kanker untuk membantu mewujudkan penanganan kanker yang lebih baik.

Selama Februari 2024, setiap pemeriksaan dan transaksi CArisk akan mendapatkan free pemeriksaan Nutrigenomics.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More