Pekan Mode Usung Pagelaran Busana yang Terinspirasi Budaya Nasional

Selasa, 05 Maret 2024 - 15:15 WIB
Setiap desain motif batik memiliki makna tersirat yang diwakili oleh gubahan dalam pola ceplok dan kawung. Gubahan dirancang berdasarkan visualisasi strategi perang Majapahit, di antaranya strategi supit urang, samudra rob, dan gedhong minep.

Tidak hanya itu, desainer Wilsen Willim menggandeng Batik Keris memperkenalkan koleksinya melalui penggambaran serial Gadis Kretek. Alasannya dipilih Gadis Kretek karena sarat dengan busana Jawa seperti batik menjadi salah satu kreasi para leluhur di Indonesia yang diwariskan turun-temurun untuk dilestarikan.

Sebagai perancang yang dalam beberapa tahun terakhir kerap menyuguhkan sentuhan wastra dalam karyanya, Wilsen Willim kali ini kembali menampilkan 20 tampilan busana siap pakai dengan sentuhan batik koleksi dari Batik Keris. Seluruh busana yang ditampilkan pun akan dipasarkan secara eksklusif di gerai Batik Keris Plaza Indonesia hingga 14 Maret 2024.

Untuk kolaborasinya bersama Batik Keris kali ini, Wilsen Willim memilih batik tulis dan cap bercorak klasik, batik pesisir khas Cirebon, serta batik hokokai yang merupakan perpaduan budaya Jepang dan Jawa.



Istimewa

Berbahan dasar katun primisima, warna batik yang dipilih pun bernuansa cokelat, putih, hitam, dan nuansa terang khas batik pesisir Cirebon. Semuanya dikemas dalam potongan rok, sarung, dan atasan seperti kemeja ataupun luaran.

Tak hanya batik, pada koleksi ini Wilsen Willim juga bereksplorasi dengan potongan busana tradisional Indonesia yang dikemas kontemporer, seperti yang pernah dilakukannya saat merancang busana beskap dengan potongan samping khas Wilsen Willim untuk dikenakan Dian Sastrowardoyo pada Busan Film Festival 2023 sebagai bagian dari promosi serial Gadis Kretek.

“Pada koleksi kali ini, saya kembali menemukan tujuan dalam berkarya, yaitu pelestarian budaya,” kata Wilsen Willim.

“Melestarikan tak hanya dengan merawat dan menjaga, namun juga mengembangkan dan memperkenalkan kembali kepada generasi muda agar tumbuh kecintaan dalam mengenal serta merawat warisan budaya di Tanah Air," lanjutnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More