10 Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Garam, Waspada Kaki Bengkak

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:35 WIB
Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berdampak negatif pada kesehatan dan tubuh akan memberikan beberapa tanda sebagai sinyal bahwa konsumsi garam berlebihan. Foto/Istock Photo Quanthem
JAKARTA - Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat berdampak negatif pada kesehatan dan tubuh akan memberikan beberapa tanda sebagai sinyal bahwa konsumsi garam berlebihan. Garam merupakan salah satu bumbu penyedap yang dapat memberi rasa pada makanan dan berfungsi sebagai pengawet.

Garam mengandung 60 persen klorida dan sekitar 40 persen natrium. Garam yang dikonsumsi bisa membantu mengendurkan dan mengontraksikan otot, membantu impuls saraf, dan menyeimbangkan mineral serta air yang dikonsumsi.

Tubuh hanya membutuhkan sedikit natrium, yang mana harus mendapatkan sekitar 1.500 miligram setiap hari. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.



Tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Garam



Berikut tanda tubuh terlalu banyak konsumsi garam dilansir dari Web MD, Selasa (14/5/2024).



1. Kembung



Kembung terjadi ketika perut terasa bengkak atau kencang, adalah salah satu efek jangka pendek yang paling umum dari terlalu banyak garam. Ini membantu tubuh menahan air, sehingga cairan ekstra menumpuk. Makanan tidak harus terasa asin karena mengandung banyak natrium. Sandwich, pizza, bagel, dan sup kalengan bisa menjadi sumber garam yang berbahaya.

2. Tekanan Darah Tinggi

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More