Awas! Makan Beras Mentah Bisa Bikin Keracunan dan Merusak Dinding Usus

Jum'at, 24 Mei 2024 - 07:07 WIB




Keracunan akibat makan beras mentah dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, kram perut, atau diare dalam waktu 15-30 menit setelah dikonsumsi. Mengonsumsi beras mentah juga disebut bisa menimbulkan masalah pencernaan karena beberapa senyawa yang dikandungnya. Salah satunya lektin, yakni sejenis protein yang bertindak sebagai insektisida alami.

Lektin terkadang disebut sebagai antinutrien karena dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Manusia tidak dapat mencerna lektin, sehingga lektin melewati saluran pencernaan tanpa perubahan dan dapat merusak dinding usus.

Kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti diare dan muntah. Untungnya, sebagian besar lektin akan hilang jika beras dimasak hingga matang.

Selain itu, makan beras mentah dalam jumlah besar akibat pica telah dikaitkan dengan berbagai efek samping. Mulai dari tubuh kelelahan karena energi yang didapat tidak mencukupi, kerusakan gigi karena tekstur beras yang keras, hingga anemia defisiensi besi yang menyebabkan rambut rontok, tubuh mudah memar dan lelah, serta kulit pucat.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More