6 Cara Membesarkan Anak Agar Cerdas Menurut Ahli Harvard

Rabu, 29 Mei 2024 - 00:05 WIB
Saat anak Anda memukul kepala orang lain, jangan panggil dia “anak nakal”. Orang tua bisa menjelaskan secara spesifik kepada anak. “Berhentilah memukul adikmu. Itu menyakitinya dan membuatnya merasa kesal. Katakan padanya kamu minta maaf.”

Aturan yang sama juga berlaku untuk pujian. Hindar menyebut putri Anda “gadis yang baik”. Sebaliknya, komentari tindakannya. “Kamu membuat pilihan yang baik dengan tidak memukul balik adikmu.”

Kata-kata seperti ini akan membantu otak anak membangun konsep yang lebih berguna tentang tindakannya dan dirinya sendiri.

5. Ajak Anak Melakukan Kegiatan Bersama



Anak-anak belajar secara alami dengan menonton, bermain, dan yang paling penting, dengan meniru orang dewasa. Ini adalah cara belajar yang efisien, dan memberi mereka rasa penguasaan.

Jadi berikan mereka sapu mini atau sekop taman atau mainan mesin pemotong rumput dan biarkan anak meniru kegiatan Anda.

6. Perkenalkan Anak ke Banyak Orang



Bersama dengan orang-orang yang biasa ditemui anak-anak Anda seperti kakek, nenek, bibi dan paman, teman, serta anak-anak lain, cobalah untuk memperkenalkan mereka pada keberagaman sebanyak yang Anda bisa. Terutama ketika mereka masih bayi.

Menurut penelitian, bayi yang berinteraksi secara teratur dengan penutur bahasa berbeda mempertahankan jaringan otak penting. Hal ini membantu mereka mempelajari bahasa lain di masa depan.

Demikian pula, bayi yang melihat banyak wajah yang berbeda akan mampu membedakan dan mengingat lebih banyak variasi wajah di kemudian hari. Ini langkah anti-rasisme paling sederhana yang dapat Anda ambil sebagai orang tua.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More