7 Tips Mengolah Daging Kurban Agar Cepat Empuk dan Tidak Alot

Minggu, 16 Juni 2024 - 01:00 WIB
Marinasi daging dengan bahan-bahan seperti nanas, pepaya, atau yogurt dapat membantu melunakkan daging. Enzim alami dalam buah-buahan ini akan memecah protein dalam daging, membuatnya lebih empuk. Rendam daging selama minimal 1-2 jam sebelum dimasak untuk hasil terbaik.

3. Presto dengan Daun Pepaya



Jika Anda memiliki panci presto, gunakan bersama daun pepaya. Bungkus daging dengan daun pepaya dan presto selama 20-30 menit. Enzim papain dalam daun pepaya akan melunakkan daging dengan cepat dan efektif.



4. Rebus dengan Api Kecil (Slow Cooking)



Memasak daging dengan api kecil dalam waktu yang lama atau metode slow cooking adalah cara lain untuk mendapatkan daging yang empuk. Rebus daging dengan api kecil selama 2-3 jam. Teknik ini memastikan daging matang merata dan empuk, serta memungkinkan bumbu meresap dengan sempurna.

5. Gunakan Panci Tekanan



Panci tekanan (pressure cooker) adalah alat yang sangat efisien untuk memasak daging kurban. Dengan panci tekanan, daging dapat empuk hanya dalam waktu 30-40 menit. Alat ini menggunakan tekanan tinggi untuk mempercepat proses memasak tanpa mengurangi kualitas daging.

6. Tambahkan Cuka atau Jus Lemon



Menambahkan sedikit cuka atau jus lemon ke dalam air rebusan dapat membantu melunakkan daging. Asam dalam cuka dan lemon membantu memecah jaringan ikat dalam daging, sehingga menjadi lebih empuk. Gunakan secukupnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa mengubah rasa masakan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More