Fakta Hemodialisa, Cuci Darah yang Gampang Menyerang Anak Muda

Senin, 22 Juli 2024 - 15:31 WIB
Masalah tidur

Beberapa orang yang menjalani dialisis dapat mengalami kesulitan tidur (insomnia) atau mengalami sleep apnea (ketika seseorang berhenti bernapas dalam waktu singkat saat tidur).

Tips mencegah hemodialisa

Pola makan

Makanlah makanan yang tepat. Anda harus mendapatkan jumlah yang tepat – tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit – cairan, garam, vitamin, dan mineral setiap hari. Terlalu banyak kalium atau fosfor, misalnya, dapat memengaruhi detak jantung atau melemahkan tulang. Dokter atau ahli diet di klinik dialisis Anda dapat memberikan saran mengenai rencana makan yang tepat untuk Anda.

Resep dokter

Minumlah obat jika dokter Anda meresepkannya. Anda mungkin memerlukan obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah, membantu memproduksi sel darah merah, dan mengontrol kadar nutrisi dalam darah Anda. Ikuti petunjuk dokter Anda, dan bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat-obatan tanpa resep, vitamin, atau suplemen lainnya.

Jenis penyakit ginjal

Anda akan menjadi lebih baik dan orang tersebut tidak memerlukan cuci darah lagi. Orang lain berhenti menjalani dialisis karena mereka menjalani transplantasi ginjal.

Beberapa orang memerlukan perawatan dialisis selama sisa hidup mereka. Dalam kasus ini, orang mungkin beralih antara hemodialisis dan jenis dialisis lain yang disebut dialisis peritoneal, yang biasanya dapat dilakukan di rumah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More