9 Makanan yang Diam-diam Menyebabkan Kanker, Jangan Konsumsi Berlebihan

Rabu, 07 Agustus 2024 - 00:05 WIB
Minuman bersoda tinggi gula dan seringkali mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko obesitas,diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, asam fosfat dalam soda dapat merusak email gigi dan mengganggu penyerapan kalsium.

3. Makanan Goreng



Proses penggorengan pada suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa akrilamida, yang merupakan zat karsinogen. Makanan seperti kentang goreng, keripik, dan donat yang digoreng dengan minyak berulang kali memiliki risiko lebih tinggi mengandung akrilamida.

4. Tepung Putih



Tepung putih yang telah melalui proses pemutihan menghilangkan banyak nutrisi penting dan serat. Selain itu, konsumsi tepung putih yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

5. Makanan Kaleng



Beberapa makanan kaleng dilapisi dengan bahan kimia bisphenol-A (BPA) yang dapat berpindah ke makanan. BPA telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, masalah reproduksi, dan gangguan hormon.



6. Makanan yang Diasap



Proses pengasapan makanan menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan poliaromatik amina heterosiklik (HAA) yang bersifat karsinogen. Ikan asap, daging asap, dan makanan lainnya yang diasap sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More