Perbedaan Sakit Pinggang Biasa dan Penyakit Ginjal, Kenali Gejalanya

Minggu, 11 Agustus 2024 - 09:00 WIB

- Sakit Pinggang Penyakit Ginjal



Sakit pinggang ini biasanya terjadi akibat masalah pada ginjal, seperti infeksi ginjal (pielonefritis), batu ginjal, atau penyakit ginjal kronis. Kondisi seperti dehidrasi, infeksi saluran kemih yang menjalar ke ginjal, atau adanya obstruksi pada saluran kemih juga bisa menyebabkan sakit ginjal.

2. Lokasi Nyeri



- Sakit Pinggang Biasa



Rasa sakit biasanya terasa di area punggung bagian bawah atau di pinggang. Nyeri sering kali berpusat di satu sisi atau di tengah punggung bawah. Rasa sakit bisa meluas ke bokong atau paha belakang, terutama jika ada saraf yang terjepit.

- Sakit Pinggang Penyakit Ginjal



Nyeri akibat masalah ginjal biasanya dirasakan di bagian punggung atas, tepat di bawah tulang rusuk, atau di samping tubuh (area flank). Sakit cenderung lebih dalam dan terasa di satu sisi saja, sesuai dengan ginjal yang bermasalah. Nyeri dapat menjalar ke perut bagian depan, pangkal paha, atau bahkan ke alat kelamin.

3. Sifat Nyeri



- Sakit Pinggang Biasa



Nyeri sering kali bersifat tumpul atau seperti tertarik, dan dapat menjadi lebih parah ketika bergerak, membungkuk, atau mengangkat sesuatu. Sakit bisa mereda dengan istirahat, peregangan, atau perawatan sederhana seperti kompres hangat. Nyeri mungkin bertahan beberapa hari atau minggu dan cenderung berangsur membaik dengan waktu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More