10 Manfaat Menangis, Membantu Menenangkan Diri hingga Meredakan Sakit

Minggu, 01 September 2024 - 06:00 WIB
Dampak air mata emosional lebih bermanfaat daripada yang Anda kira. Air mata keluar sebagai akibat dari reaksi emosional yang mengandung hormon stres seperti kortisol dan racun lainnya. Jika tidak dibuang, racun-racun ini dapat merusak tubuh. Menangis dapat mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

4. Membantu menenangkan diri

Menurut banyak psikolog, menangis mungkin merupakan salah satu mekanisme terbaik untuk menenangkan diri sendiri.

5. Bentuk pengaturan emosi

Menenangkan diri sendiri dianggap sebagai bentuk pengaturan emosi. Hal ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS), yang pada gilirannya membantu tubuh Anda beristirahat dan mencerna makanan.

6. Meredakan rasa sakit

Menangis dapat membantu meredakan rasa sakit fisik dan emosional. Ketika kita menangis dalam waktu lama, tubuh kita melepaskan oksitosin dan opioid endogen, yang juga dikenal sebagai endorfin.

7. Rasa bahagia

Setelah zat kimia yang membuat perasaan senang ini dilepaskan, tubuh Anda mungkin akan memasuki tahap yang paling tepat digambarkan sebagai tahap mati rasa. Oksitosin adalah hormon kuat yang biasanya dilepaskan saat orang berpelukan, berhubungan seks, atau bersosialisasi.

Oleh karena itu, hormon ini memberi Anda rasa tenang atau bahagia. Faktanya, ini adalah contoh lain tentang bagaimana menangis merupakan tindakan menenangkan diri.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More