5 Gejala Kolesterol Tinggi di Dada, Nomor 2 Mirip Serangan Jantung

Rabu, 04 September 2024 - 07:00 WIB

2. Nyeri Dada (Angina)



Nyeri dada atau angina adalah salah satu gejala utama yang dapat muncul akibat kolesterol tinggi. Angina terjadi ketika arteri koroner yang memasok darah ke jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan plak kolesterol.

Penyempitan ini mengurangi aliran darah yang kaya oksigen ke jantung, menyebabkan rasa sakit atau tekanan di dada. Nyeri dada ini biasanya terasa seperti ditindih benda berat dan dapat menjalar ke lengan, leher, rahang, atau punggung.

3. Sesak Napas



Sesak napas adalah gejala lain yang dapat terkait dengan kolesterol tinggi. Ketika arteri koroner menyempit, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ini dapat menyebabkan sesak napas, terutama selama aktivitas fisik atau saat berbaring. Jika sesak napas muncul bersamaan dengan nyeri dada, ini bisa menjadi tanda serius dari penyakit jantung koroner yang perlu segera ditangani.

4. Detak Jantung Tidak Teratur



Kolesterol tinggi dapat menyebabkan perubahan pada ritme detak jantung. Penumpukan plak kolesterol dapat memengaruhi aliran darah dan mengganggu fungsi normal jantung, menyebabkan detak jantung yang tidak teratur atau palpitasi.

Detak jantung yang tidak normal ini kadang-kadang disertai dengan perasaan seperti jantung berdebar-debar atau melompat-lompat.

5. Gejala Lain yang Harus Diwaspadai

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More