15 Manfaat Air Rebusan Daun Kelor dan Waktu Terbaik Mengonsumsinya

Rabu, 18 September 2024 - 10:20 WIB

7. Menjaga Kesehatan Kulit



Air rebusan daun kelor juga dapat digunakan sebagai solusi alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam daun kelor membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini. Selain itu, sifat antioksidan dan antiinflamasi daun kelor juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan iritasi.

8. Mencegah dan Mengobati Kanker



Kelor mengandung khasiat yang dapat membantu mencegah kanker. Misalnya, mengandung niazimicin, senyawa yang menghambat perkembangan sel kanker. Menurut beberapa ilmuwan, ekstrak daun kelor, kulit kayu, dan bagian lain tanaman tersebut memiliki khasiat yang dapat membunuh sel kanker. Ekstrak daun kelor juga terbukti bermanfaat dalam mengobati kanker payudara, hati, kolorektal, dan kanker lainnya.

9. Melindungi Hati



Kelor dapat membantu melindungi hati dari penyakit hati berlemak nonalkohol. Dalam satu penelitian, peneliti memberi makan marmut dengan makanan yang mengandung daun kelor. Marmut yang mengonsumsi lebih banyak kelor memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah serta lebih sedikit peradangan di hati.

10. Memerangi Infeksi Bakteri



Kelor mengandung zat yang dapat melawan beberapa patogen yang ditularkan melalui makanan, seperti Staphylococcus aureus (S. aureus) dan Escherichia coli (E. coli). S. aureus terdapat dalam irisan daging, sandwich, dan makanan lain yang tidak dimasak antara waktu penanganan dan waktu makan, sementara E.coli dapat menular melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Kedua jenis bakteri tersebut dapat menyebabkan diare dan gejala keracunan makanan lainnya.



11. Mencegah Batu Ginjal

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More