Sakit di Bagian Tumit Gejala Apa? Tak Melulu Asam Urat

Kamis, 19 September 2024 - 11:40 WIB
Achilles tendinitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada tendon achilles, tendon besar yang menghubungkan otot betis ke tumit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat penggunaan otot dan tendon secara berlebihan, terutama pada aktivitas fisik seperti berlari atau melompat.

Gejala dari achilles tendinitis meliputi rasa nyeri dan kekakuan di bagian belakang tumit, terutama setelah bangun tidur. Jika tidak ditangani dengan baik, achilles tendinitis dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih serius, seperti ruptur tendon achilles yang memerlukan pembedahan.

3. Heel Spurs (Taji Tumit)



Taji tumit adalah pertumbuhan tulang kecil yang terbentuk di bagian bawah tulang tumit. Biasanya, taji tumit sering dikaitkan dengan plantar fasciitis, meskipun tidak semua orang yang memiliki taji tumit akan merasakan nyeri.

Taji tumit terbentuk karena tekanan yang berlebihan pada otot dan ligamen di kaki, yang mengakibatkan penumpukan kalsium di bagian tumit. Gejala yang ditimbulkan termasuk rasa nyeri yang tajam saat bangun tidur atau setelah berjalan lama.

4. Bursitis



Di sekitar sendi tubuh, termasuk tumit, terdapat kantung kecil berisi cairan yang dikenal sebagai bursa. Bursa ini berfungsi sebagai pelindung untuk mengurangi gesekan antara otot, tulang, dan tendon. Ketika bursa ini mengalami iritasi atau peradangan, kondisi ini disebut bursitis.

Gejala bursitis pada tumit meliputi pembengkakan, kemerahan, dan rasa nyeri yang semakin parah saat beraktivitas. Bursitis dapat terjadi akibat cedera, penggunaan tumit yang berlebihan, atau mengenakan sepatu yang tidak sesuai.



5. Fraktur Stress (Patah Tulang)

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More