10 Minuman Perlancar BAB, Alami Meredakan Sembelit

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 22:10 WIB

3. Air Lemon



Air lemon, terutama yang hangat, dapat merangsang sistem pencernaan dan membantu memperlancar BAB. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat merangsang produksi enzim pencernaan di hati, yang membantu mengatur pencernaan dan mendorong gerakan usus yang sehat. Minum segelas air hangat dengan perasan setengah buah lemon setiap pagi sebelum sarapan dapat menjadi rutinitas yang bermanfaat untuk pencernaan.

4. Teh Peppermint



Teh peppermint adalah minuman herbal yang bisa membantu meredakan sembelit, terutama yang disebabkan oleh masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS). Peppermint mengandung mentol, yang dapat merilekskan otot-otot saluran pencernaan, membantu meredakan kembung, dan merangsang pergerakan usus. Minum secangkir teh peppermint setelah makan dapat membantu melancarkan pencernaan dan BAB.

5. Teh Jahe



Teh jahe memiliki sifat antiinflamasi dan merangsang sistem pencernaan, sehingga sangat baik untuk memperlancar BAB. Jahe dapat membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan dan merangsang pergerakan usus. Minum secangkir teh jahe hangat, terutama setelah makan, bisa membantu meredakan sembelit dan mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.



6. Kopi



Kopi dikenal sebagai stimulan ringan yang dapat membantu memperlancar BAB. Kafein dalam kopi merangsang otot-otot di usus besar, mendorong pergerakan usus. Namun, perlu diingat bahwa kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, sehingga sebaiknya diminum dengan diimbangi cukup air untuk menghindari efek negatif.

7. Air Kelapa

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More