10 Minuman Perlancar BAB, Alami Meredakan Sembelit

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 22:10 WIB
Air kelapa adalah minuman alami yang kaya akan elektrolit, khususnya kalium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mendukung fungsi otot, termasuk otot di saluran pencernaan. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu meredakan sembelit dengan melembutkan tinja dan merangsang pergerakan usus.

8. Smoothie Serat Tinggi



Smoothie yang dibuat dari bahan-bahan kaya serat, seperti buah-buahan (pisang, apel, pir), sayuran hijau (bayam, kale), dan biji chia atau biji rami, adalah pilihan minuman yang sangat baik untuk melancarkan BAB. Serat tidak larut dalam bahan-bahan ini menambah massa pada tinja, sementara serat larut membantu tinja tetap lembut, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

9. Cuka Apel



Cuka apel, yang dicampur dengan air, dapat membantu memperlancar BAB. Cuka apel mengandung pektin, sejenis serat larut yang dapat membantu memperbaiki pencernaan. Minum satu sendok makan cuka apel yang dicampur dengan segelas air sebelum makan dapat membantu meningkatkan pergerakan usus dan meredakan sembelit.

10. Jus Lidah Buaya



Lidah buaya dikenal karena sifat pencahar alaminya. Jus lidah buaya mengandung senyawa antrakuinon yang memiliki efek pencahar dan dapat membantu meningkatkan kadar air dalam usus, merangsang peristaltik, dan mempercepat pembuangan tinja. Minum jus aloe vera dalam jumlah yang sesuai dapat membantu meredakan sembelit.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More